Nanda Cahyadi Pribadi. Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Jumlah pasien dengan pengawasan (PDP) dan terkonfirmasi positif hingga Kamis (7/5/2020) pukul 15.00,  tidak ada perubahan. Masih seperti sehari sebelumnya.

Untuk PDP ada 20 orang dan yang terkonfirmasi positif juga masih tetap 28 orang.

“Untuk jumlah PDP yang meninggal sampai dengan hari ini masih sama seperti kemarin, yakni 19 orang. Sedang yang terkonfirmasi positif meninggal ada dua orang. Untuk PDP yang membaik atau sembuh juga masih 103 orang. Sedang yang terkonfirmasi positif sembuh ada tiga orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Disampaikan Nanda, jika perubahan hanya terjadi pada orang dalam pemantauan (ODP). “Jika sebelumnya ada 95 orang, hari ini ada tujuh yang lolos pantau. Namun demikian ada tambahan satu ODP. Sehingga jumlah ODP hingga saat ini ada 89 orang,” ungkapnya.

Sementara dari jumlah 28 orang terkonfirmasi positif itu, lanjut Nanda, tercatat ada 12 orang yang melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan dan gugus tugas. Sedang sisanya sebanyak 16 orang, dirawat di beberapa rumah sakit (RS). Untuk PDP yang dirawat di RS seluruhnya ada 20 orang atau tidak ada yang melakukan isolasi mandiri. “Untuk yang dirawat di rumah sakit itu, ada di RSUD Tidar, RST Soedjono, RSJ Soerojo dan RSUD Muntilan,” ujarnya.

Dijelaskan, baik untuk PDP maupun terkonfirmasi positif yang tanpa gejala apa pun, sesuai dengan pedoman penatalaksanaan covid-19 akan diobati dan dilakukan isolasi mandiri di rumah atau tempat yang ditentukan. Sementara bagi yang terkonfirmasi yang disertai dengan gejala sesak nafas akan dirujuk ke rumah sakit.

“Untuk para kontak eratnya dilakukan pemeriksaan rapid test dan dilakukan juga isolasi mandiri. Apabila hasil rapid test positif, akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab sebagai dasar penatalaksanaan selanjutnya,” jelasnya.

Dia menyampaikan imbauan agar warga menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama di lingkungan masing-masing.

“Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah, memakai masker saat ke luar rumah,, jaga jarak minimal satu hingga dua meter, sering mencuci tangan dengan sabun, menunda mudik, konsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup, minum vitamin, serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.

Eko Priyono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini