blank
Jajaran Polsek Wonogiri Kota pimpinan Kapolsek AKP Dr Krisyanto, melakukan patroli sambang desa di Dusun Kedungsono. Menyambangi warga yang ronda Kamling di pos ronda dusun.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Selama pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, jajaran kepolisian Wonogiri meningkatkan patroli sambang desa dan sambang kota. Tujuannya, untuk menjaga agar situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kondusif. Sementara itu, untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Candi (OKC), kali ini digelar lebih lama.

Instruksi untuk meningkatkan patroli kepolisian tersebut, Minggu (26/4), disampaikan Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing. Patroli dilaksanakan secara rutin, utamanya pada jam-jam rawan dan ke tempat-tempat yang berpotensi terjadi tindak kriminalitas.

Kepada para Bhabinkamtibmas, diseru untuk turun ke desa-desa yang menjadi binaannya. Sekaligus melakukan pembinaan dan menyampaikan pesan kepada warga masyarakat, tentang pentingnya melaksanakan keamanan swakarsa di lingkungannya masing-masing.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, menyampaikan instruksi perlunya peningkatan patroli sambang desa dan kota, di musim wabah corona.

Ronda Kamling
Kepada warga masyarakat, diimbau untuk menghidupkan ronda keamanan lingkungan (Kamling). Karena ronda Kamling dinilai sangat efektif untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Bersamaan dengan patroli, para personel kepolisian diinstruksikan untuk secara aktif melaksanakan penyampaian pesan secara dialogis ke masyarakat. Untuk patroli mobilling blue light (sinar biru), hendaknya dilakukan secara rutin pada jam rawan ke lokasi yang dimungkinkan dapat terjadi gangguan Kamtibmas.

Sementara itu, sebelumnya, Kapolres AKBP Christian Tobing memberikan pengarahan pada Latihan Pra (Latpra) Operasi Ketupat Candi (OKC) 2020 di aula Mapolres Wonogiri. Latpra OKC, mengambil tema tema ”Kita tingkatkan kemampuan personel dan sinergitas antarfungsi, dalam rangka pencegahan virus corona, pengamanan Ramadhan 2020  dan Idul Fitri 1441 H.”

blank
Para Pejabat Utama (PJU) bersama Kapolsek se jajaran, mengikuti rapat bersama Kapolres di aula Mapolres Wonogiri.

Lebih Lama
Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kompol Edi Wibowo, Kabag Ops Kompol Agus Pamungkas, Kasat Intel AKP Purnomo, Kasat Shabara AKP Sugihantoro, Kasat Lantas AKP Hendri Suryo Liqui Sasono, Kasat Reskrim Iptu Gala Rimba Doa Sirrang, Kasat Narkoba  AKP Suharjo, Kasat Binmas AKP Surono.

Hadir pula para Kapospam Operasi Ketupat Candi (OKC), yakni Kapolsek Giriwoyo, Pracimantoro, Purwantoro, Wonogiri Kota dan Selogiri, beserta para Ka Sub Satgas dan perwakilan anggota yang terlibat OKC 2020.

blank
Daftar nomor penting kepolisian di Kabupaten Wonogiri, yang siap dikontak bila terjadi gangguan Kamtibmas. Diawali kode wilayah Wonogiri 0273.

Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, pelaksanaan OKC kali ini berbeda dengan tahun-tahun lalu, karena berlangsung lebih lama, yakni mulai Tangga 24  April sampai dengan Tanggal 30 Mei 2020. ”Berlangsung selama 37 hari,” ujarnya.

Terkait ini, Kasubbag Sarpras Iptu Utami, telah memimpun pendirian Pospam di depan Pasar Kota Wonogiri dan di Terminal Induk Giri Adipura Krisak, Selogiri, Wonogiri. Mengenai kesiapan Pospam, telah dicek oleh Kasi Propam Iptu Supardi.

Bambang Pur