Kota Tegal Smart City segera Terwujud

1116
0
blank
PAPARAN - Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi ST MM menyampaikan paparannya saat menjadi narasumber pada Indonesia 5G Ecosystems Conference 2020

KOTA TEGAL (SUARABARU.ID) – Untuk mendukung Kota Tegal menuju Smart City Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi ST MM mengatakan, sudah ada dukungan yang dituangkan dalam Program SMART City Kota Tegal. Saat ini Pemkot sudah membangun jaringan fiber optik (FO) yang menghubungkan seluruh OPD dan menyediakan akses WIFI gratis bagi masyarakat di banyak titik lokasi. Panjang jaringan FO yang sudah terpasang kurang lebih 52 KM.

Tampil sebagai salah satu narasumber pada Indonesia 5G Ecosystems Conference 2020 di Jakarta, Selasa (10/3), Jumadi mengatakan, dilihat eksisting saat ini, di Kota Tegal sudah ada masterplan dan juga roadmap Infrastruktur Nomor 10/2018. Jaringan Serat Optik sudah menghubungkan empat Kecamatan dan 27 kelurahan dengan panjang 20 km.

“Pemkot telah menyediakan wifi publik di empat kecamatan dan 27 kelurahan, serta beberapa tempat publik lainnya. Sudah ada 62 aplikasi layanan pemerintahan seperti SIMDA, SIM, LPSE, SIAK, SIMOSS yang 45 persen adalah layanan publik dan 55 administrasi pemerintahan, dengan 81 persen berupa web based, 18 persen desktop based dan 1 persen Android based dan, serta tersedianya Command room,” kata Jumadi.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi menegaskan untuk meningkatkan program tersebut perlu adanya kolaborasi antara vendor, pemerintah pusat dan daerah dan pihak-pihak yang berkepentingan untuk membangun infrastruktur dan mempersiapkan hal-hal yang bisa dimanfaatkan.
Misalnya aplikasi yang terus-menerus digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai perwujudan kerjasama tersebut, Pemerintah Kota Tegal telah menyediakan fasilitas hotspot internet public akses gratis bagi masyarakat sejumlah 21 titik, dengan kecepatan rata-rata 50 Mbps. Lokasi Wi-Fi-nya ada di Pendopo Ki Gede Sebayu, Alun-alun kota, Taman Poci, Pendopo di kecamatan dan Kelurahan, halaman DPRD, Monumen Bahari PAI,” paparnya

Lebih lanjut Jumadi mengatakan, selain Free Hot Spot Public pemerintah juga menyiapkan layanan berbasis online di antaranya pelayanan KTP, pelayanan lansia, digital signature, dan lain sebagainya. “Ini hal-hal yang disiapkan untuk menyongsong penerapan era 5G nantinya,” tandasnya.

Akbar Budi