blank
Para wartawan di Kebumen ziarah ke makam Goenawan Efendi, mantan wartawan di Desa Pejagoan, Jumat (7/2) mengawali Peringatan HPN 2020 di Kabupaten Kebumen. (Foto: Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mengawali peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Kabupaten Kebumen dan HUT ke-74 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 9 Februari 2020, sejumlah wartawan media cetak, elektronik dan on line bersama Humas Setda Kebumen, Jumat (7/2) pagi berziarah ke tiga makam wartawan.

Sebelumnya para wartawan berkumpul di Balai Wartawan Jalan Mayjen Sutoyo. Pukul 08.00 wartawan bergerak menuju makam Mohamad Sujangi di Desa Kutosari Kebumen, selanjutnya ke makam Goenawan Efendi di Pejagoan, dan makam Fuad Hasyim di makam Sijago, Kelurahan Selang.

Bahkan para insan pers pun menyempatkan beranjangsana ke kediaman Ny Goenawan Efendi (76) di Gang Turi, Desa Pejagoan, usai ziarah. Di rumah tersebut para wartawan juga diterima putri bungsu almarhum Goenawan Efendi, Unggul Winarni, yang saat ini menjabat Kabag Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Kebumen. Silaturahmi berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan. Para wartawan juga menyempatkan beranjangsana ke orang tua Fuad Hasyim di Desa Adikarso, Kebumen.

Menurut Ketua Panitia HPN 2020 Kabupaten Kebumen Arif Widodo dan Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan, kegiatan ziarah ke makam wartawan tersebut telah menjadi tradisi setiap memperingati Hari Pers Nasional dan HUT PWI. Para jurnalis juga memanjatkan doa kepada para wartawan senior yang sudah meninggal, seperti S Roendayat, mantan wartawan KR di Kebumen, serta Ludiyo D, mantan wartawan majalah Fakta. Doa tahlil di tiga makam wartawan itu dipimpin oleh Erna Indarto, staf Humas Setda Kebumen.

Ny Goenawan Efendi mengaku terharu dan senang karena setiap tahun menjelang peringatan HPN selalu dikunjungi para wartawan sekaligus ziarah ke makam suaminya.”Ini merupakan bentuk silaturahmi yang baik dan mudahan-mudahan anak-anakku wartawan muda bisa meneruskan perjuangan almarhum bapak. Saya juga mohon doanya diberi umur pajang bisa momong anak cucu serta diberi keberkahan,”tandas Ny Goenawan Efendi, pensiunan BKKBN Kabupaten Kebumen.

Rangkaian kegiatan HPN 2020 di Kabupaten Kebumen yakni malam tasyakuran pada Sabtu (8/2) malam semula di Balai Wartawan, dipindah ke Kompleks Pendapa Rumah Dinas Bupati di Jalan Mayjen Sutoyo. Kegiatan lain yakni lomba penulisan artikel berita dan lomba pembutan film pendek bagi pelajar dan mahasiswa dengan topik demokrasi, pariwisata dan budaya. Kegiatan puncak HPN kan diisi Sarasehan Jurnalistik dengan tema “Pers Mendukung Sukses Pilkada 2020 dan Menjunjung Kearifan Lokal” dijawalkan pada awal Maret.

Komper Wardopo