blank
Septian David Maulana/dok

SEMARANG – Penyerang PSIS Semarang Septian David Maulana berpeluang memperkuat tim nasional Indonesia lagi setelah pelatih Simon McMenemy diberhentikan PSSI. Selama dilatih mantan juru taktik Bhayangkara FC itu, David sama sekali tak dilirik untuk membela Tim Merah-Putih. Pada era kepelatihan Luis Milla tahun lalu, dia selalu menjadi andalan di lini depan.

Kesempatan David kembali dipanggil timnas disuarakan Pelatih PSIS Bambang Nurdiansyah (Banur) selepas laga melawan Persib Bandung. Banur menyebut David dan bek kiri Frendi Saputra diincar caretaker pelatih timnas, Yeyen Tumena, untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia pada 19 November. ”Setelah pertandingan melawan Persib, Yeyen menelepon saya. Dia ingin menjajal David dan Frendi untuk bermain di timnas,” ujar Banur.

Meski demikian, belum ada surat resmi yang masuk ke manajemen PSIS terkait pemanggilan ini. General Manager Wahyoe ”Liluk” Winarto menyambut baik jika hal itu terealisasi. ”Kami sangat bangga jika hal itu bisa terwujud. Sejauh ini belum ada surat pemanggilan resmi. Keduanya juga sudah menunjukkan kontribusi yang baik untuk PSIS sejauh ini,” ungkap Liluk.

Khusus bagi Frendi, jika nantinya benar-benar dipanggil akan menjadi kesempatam pertamanya merapat bersama timnas. Pemain ini juga setengah musim sudah berjuang keras untuk sembuh dari cedera lutut. Setelah kembali pada pertengahan musim, pemuda asal Lampung ini langsung jadi pilihan utama Banur. Frendi membenarkan sudah ditelepon Yeyen Tumena. Namun, dia urung merapat dalam waktu dekat karena belum punya paspor. (rr)