blank
Sepulang dari Jepara, Akbar langsung menunjukkan medali yang ia dapatkan kepada ayah dan ibunya. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Wajah berseri diperlihatkan Akbar Rizqi Hidayat, atlet karate yang mendapatkan medali perunggu di ajang kejuaraan Garuda Karate Championship 2019, Jumat (5/10)lalu. Seperti janjinya, medali itu akan diberikan kepada ayahnya yang bertugas di Kodim 0717/Purwodadi sebagai hadiah HUT ke-74 TNI

“Bapak itu sumber inspirasi saya. Maka, saya memberikan medali ini karena tepat pada 5 Oktober 2019 adalah HUT TNI dan kebetulan ayah saya adalah prajurit TNI yang bertugas di Kodim 0717/Purwodadi,” ujar Akbar.

blank
Akbar bersama Sugiyanto, ketua Ganendra Klub Grobogan yang selalu menyemangatinya agar menjadi karateka yang profesional. Foto: Hana Eswe.

Meski hanya medali perunggu, pelajar MAN 1 Grobogan ini mengatakan, medali ini adalah medali yang menjadi pelecut baginya untuk lebih berusaha lagi menjadi yang terbaik. Bahkan, Akbar bercita-cita bisa menjadi juara nasional maupun internasional. “Tentunya dengan doa, latihan yang rutin dan perjuangan yang keras, mudah-mudahan saya bisa mencapai itu,” tambahnya.

Sejak bersekolah di SMPN 6 Purwodadi, Akbar mulai menekuni olahraga karate. Ia juga berkesempatan mengikuti berbagai kejuaraan karate. Meski pada akhirnya di kejuaraan tersebut dirinya hanya mendapatkan piagam, tetapi Akbar tidak putus asa. Hingga akhirnya, ia memilih Dojo Ganendra Klub Grobogan sebagai tempatnya berlatih karate.

“Kalau medali, ini yang pertama saya dapatkan. Maka, langsung saya kasih ke bapak saya. Beliau yang sudah mendukung dan mengizinkan saya ikut karate,” tambah Akbar.

Didukung Keluarga

Sertu Sugeng dan Rien Riyana, kedua orang tua Akbar tidak menyangka Akbar sungguh-sungguh dalam berlatih hingga mendapatkan juara. Sebagai orang tua, keduanya terus mendukung apa yang dilakukan Akbar.

Sertu Sugeng, ayah Akbar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yg telah membatu dan membina anak kami, terutama Simpe Apri di klub Dojo Ganedra berserta tim. Sebagai orang tua, pihaknya mengaku sangat bangga dan mendukung kegiatan anaknya. Kalau memang itu rejeki anak mereka, mau kemana saja silahkan yang penting kegiatan itu positif.

blank
Medali itu juga ia hadiahkan untuk ayahnya yang berprofesi sebagai anggota TNI yang baru saja berulang tahun ke 74 tanggal 5 Oktober 2019. Foto: Hana Eswe.

“Kami sebagai orang tua selalu mendukung dan mendoakan agar anak kami sukses, bermanfaat untuk orang tua, agama dan negara. Semoga apa yang dicita-citakan anak kami bisa terwujud,” kata Sertu Sugeng, ayah Akbar, usai kegiatan senam bersama di Alun-Alun Purwodadi, Minggu (6/10).

Akbar sendiri bercita-cita sebagai penerus ayahnya, yakni menjadi prajurit TNI. Dengan karate ini, dia berharap bisa jadi modalnya untuk masuk ke Akademi Militer sesuai dengan impiannya.

“Saya ingin jadi TNI, maka saya harus serius, tekun berlatih karate juga tidak meninggalkan pelajaran akademik saya di sekolah. Apalagi di sekolah, saya sebagai ketua OSIS, dimana saya harus bisa membagi waktu. Harapan saya, kalau ada pertandingan lagi selama itu tidak mengganggu jadwal kegiatan sekolah, saya harus ikut karena itulah yang menjadi modal saya untuk mendapatkan prestasi yang maksimal,” pungkas Akbar.

suarabaru.id/Hana Eswe.