blank
Sadio Mane/dok

LIVERPOOL – Pantang mengulang kesalahan, itu yang akan diterapkan Liverpool saat menjamu Leicester City pada pekan kelima Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (5/10). Penyerang Liverpool Sadio Mane mengingatkan timnya untuk belajar dari pengalaman melawan Red Bull Salzburg dalam laga kedua Liga Champions. The Reds yang unggul tiga gol lebih dulu berhasil dikejar dan disamakan menjadi 3-3. Beruntung Si Merah lantas bangkit untuk menang dengan skor 4-3.

Mane meminta rekan-rekannya untuk fokus penuh sepanjang pertandingan. Apalagi The Foxes sedang percaya diri selepas memukul Newcastle United 5-0. “Jika mau menang, kami harus bermain lebih baik karena Leicester musim ini sangat kuat dan tim yang bagus,” ujar Mane. “Lawan Salzburg adalah pelajaran bagi kami agar waspada pada partai berikutnya.

Untuk mengalahkan Leicester, kami harus 100 persen siap,” imbuh pemain asal Senegal ini. Sementara Manajer Liverpool Juergen Klopp berharap ada perbaikan khususnya di lini belakang. Kalau kinerja barisan pertahanan bermain seperti menghadapi Salzburg, Leicester bisa merajalela. ”Lini belakang harus cepat belajar. Kalau kinerja mereka tetap seperti itu, Jamie Vardy bisa sangat berbahaya,” ungkap Klopp.

Jamie Vardy, striker andalan Leicester, dikenal sangat garang di gawang Liverpool. Dia sudah tujuh kali membobol gawang The Reds. Torehan itu cuma kalah dari Andy Cole (11 gol) dan Thierry Henry (8 gol). Kewaspadaan Si Merah untuk Vardy kian perlu ditingkatkan, karena ketajamannya meningkat pesat di bawah asuhan manajer Brendan Rodgers. Dia mencetak 14 gol dari 17 laga yang dijalaninya bersama mantan manajer Liverpool itu.

Vardy bakal beradu ulet dengan Virgil van Dijk, bek tengah The Reds. Sejauh ini Van Dijk dikenal sebagai palang pintu yang sulit ditaklukkan. Mengenai kunjungannya ke Anfield sebagai musuh, Brendan Rodgers mengaku senang sekali. Menurut dia, bisa menukangi Si Merah membuat pengalamannya bertambah. Pria berkebangsaan Irlandia Utara itu menilai Liverpool amat solid dengan kombinasi talenta muda dan pemain berpengalaman. Rodgers siap memberikan yang terbaik untuk meraih poin di Anfield. (rr)