blank
Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jateng AKBP Yunaldi saat melakukan penilaian di Taman Lalu Lintas De Bale Cengkrong, Senin (16/9) pagi. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN- Di sebuah perkampungan di Perumahan Petra Griya, Purwodadi didatangi sejumlah petugas dari Satlantas Polres Grobogan dan Ditlantas Polda Jateng, Senin (16/9) pagi.

Kedatangan mereka dimaksudkan untuk melakukan penilaian terhadap Kampung Tertib Lalu-Lintas yang memang dilaksanakan pada kampung tersebut. Penilaian yang dilaksanakan Tim Direktorat Lalu-Lintas Polda Jateng ini ditujukan untuk menciptakan keselamatan, tertib dan lancar dalam berlalu-lintas.

Selain itu, penilaian ini juga dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan di Kabupaten Grobogan. Dalam penilaian ini dipimpin langsung Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jateng AKBP Yunaldi bersama rombongan. Penilaian ini terkait dengan Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas yang diselenggarakan Dirlantas Polda Jateng sebagai salah satu terobosan upaya menekan kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq melalui Kasat Lantas AKP I Putu Krisna menjelaskan, kampung yang menjadi objek dari kampung tertib lalu lintas ini memang dilaksanakan di Perum Petra Griya. Menurutnya, secara tidak langsung kampung ini sudah membantu kepolisian.

“Kampung tertib lalu lintas merupakan salah satu jalinan antara kepolisian dengan masyarakat untuk menumbuhkan peran aktif ketertiban dan keselamatan lalu lintas serta secara tidak langsung dapat membantu tugas-tugas kepolisian,” jelas pria asal Bali ini.

Dalam kunjungannya ini, AKBP Yunaldi menerangkan penilaian kampung tertib lalu lintas ini merupakan program nasional. Ada beberapa kriteria yang dinilai dalam program ini.

“Ada beberapa kriteria penilaian, di antaranya terkait rambu-rambu yang ada di desa, tingkat pelanggaran dan sejauh mana pertisipasi masyarakat dalam menciptakan ketertiban berlalu lintas. Dengan dibentuknya kampung tertib lalu lintas ini, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan secara signifikan di Kabupaten Grobogan”, ujar Yunaldi.

Taman Lalu Lintas De Bale Cengkrong

 Selain perumahan Petra Griya sebagai peserta kampung tertib lalu lintas, tim Ditlantas Polda Jateng juga melakukan penilaian terhadap taman lalu lintas di kompleks De Bale Cengkrong, Purwodadi. Di taman lalu lintas.yang digagas Kepala Desa Cengkrong, Jasmi ini mendapat apresiasi dari AKBP Yunaldi. Menurutnya, taman lalu lintas ini sangat penting guna memberikan pengetahuan tentang lalu lintas sejak dini kepada anak-anak.

“Taman lalu-lintas penting, karena untuk mendidik warganya sejak usia dini, dengan tujuan mengedukasi warga untuk tertib berlalu lintas,” kata AKBP Yunaldi.

Kepala Desa Cengkrong Jasmi menanggapi apresiasi yang disematkan AKBP Yunaldi tadi. Menurut Jasmi, pihaknya merasa bangga saat ditunjuk Satlantas Polres Grobogan untuk mewakili penilaian taman lalu lintas di tempat wisata yang dikelola Pemdes Cengkrong tersebut.

“Harapan saya selain mengajari berlalu lintas dengan baik ke anak-anak dan masyarakat pada umumnya dan untuk meminimalkan kecelakaan di jalan raya,” ujar Jasmi.

suarabaru.id/Hana Eswe.