blank
Suasana saat calon penumpang antre tiket KA. Dengan KAI Acces diharapkan tak lagi terjadi antrean calon penumpang.(Foto: dok)

SEMARANG– Beragam inovasi terus dilakukan PT (Persero) KAI untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Salah satunya yakni meluncurkan fitur baru pada aplikasi pemesanan dan pembelian tiket KA secara online yakni KAI Access.

Fitur baru ini berupa pelayanan tiket dengan tarif reduksi. Di Daop IV Semarang, pelayanan tiket dengan tarif tersebut diberlakukan untuk dua KA. Yakni Kedungsepur jurusan Semarang Poncol-Ngrombo Grobogan dan KA Kalijaga jurusan Semarang – Solo Balapan.

Penetapan itu diberlakukan per 1 September 2019. Hal tersebut dibenarkan Manajer Humas Daop IV Krisbiyantoro saat dihubungi suarabaru.id.

Menurut Kris, sapaan akrabnya, mengutip pernyataan Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, fitur baru ini guna memudahkan para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket dengan tarif reduksi dan dapat dilakukan lewat aplikasi KAI Access untuk perjalanan KA mulai 1 September 2019.

“Melalui layanan ini, penumpang seperti lansia, TNI Polri, veteran, wartawan, atau lainnya, tidak perlu repot antre di loket untuk membeli tiket dengan tarif reduksi ini.

Untuk mendapatkan layanan pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access, penumpang harus melakukan update KAI Access menjadi versi terbaru.

Pilih Jadwal

Pilih jadwal kereta yang Anda inginkan, lalu saat memasukkan data penumpang, pastikan nomor identitas Anda sesuai dengan data yang telah Anda daftarkan hak reduksinya di Customer Service atau loket stasiun,” ujar Kris.

Ia menambahkan, jika sudah terdaftar, maka akan muncul tombol cek reduksi. Klik dan pilih reduksi yang akan digunakan.

Jika sudah, maka calon penumpang akan mendapatkan potongan harga tiket sesuai dengan hak reduksinya.

Pada saat hari keberangkatan, pastikan para penumpang menunjukkan bukti identitas asli sesuai dengan hak reduksi Anda kepada petugas boarding.

Beredar informasi terkait pembatasan waktu registrasi tarif reduksi, Kris menekankan hal tersebut tidak benar.

Menurut dia, registrasi tarif reduksi ini dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan jam operasional masing-masing stasiun.

“Penumpang tidak perlu terburu-buru melakukan registrasi, karena KAI tidak menerapkan batas waktu untuk registrasi tarif reduksi. Kami harap masyarakat waspada akan informasi yang mengatasnamakan KAI” ujarnya.

Fitur pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access ini melanjutkan inovasi yang sebelumnya telah diluncurkan seperti _e-boarding pass_, pembatalan tiket, perubahan jadwal, serta pembelian tiket KA Lokal.

“Berbagai inovasi terus KAI berikan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Cukup buka aplikasi KAI Access dan nikmati seluruh kemudahannya,” pungkas Krisbiyantoro.

suarabaru.id/Hana Eswe.