blank
Bhabinkamtibmas Bripda Agus Wahyudi, anggota TNI Kodim dan ASN turun ke sawah, membantu petani ngedos (perontokan) padi di Bangking, Desa Tambahresjo. (Foto : SB/Hms-Resbla)

BLORA – Di saat kegiatan sambang desa dan memantau wilayah binaannya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tambahrejo Blora, Bripka Agus Wahyudi, turun ke sawah membantu petani memanen padinya.

“Sambang desa itu tugas bhabinkamtibmas, membantu petani itu bentuk kedekatan Polri dengan rakyat,” jelas  Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kasubbag Humas Iptu Eko Septi Supriyono, Selasa (25/6/2019).

Meski masih menggunakan seragam dinas Polri, Bripka Agus Wahyudi tanpa canggung turun ke sawah membantu panen padi. Itulah salah satu bentuk kedekatan Polisi dengan masyarakat.

“Polisi turun di sawah membantu panen padi, sekaligus  memotivasi masyarakat pentingnya hidup gotong-royong,” tambah Kapolres Blora.

Saat turun di sawah, Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Tambahrejo tampak bersemangat, karena didukung anggota TNI Kodim dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemandangan indah sebagai wujud gotong royong itu, terlihat di area persawahan warga di Dukuh Bangking, Kelurahan Tambahrejo, Kecamatan Kota Blora.

Sinergi

Anggota Polri, TNI Kodim dan ASN Kelurahan Tambahrejo bersama masyarakat (petani) tampak guyub, penuh semangat dan sesekali diselingi guyonan dalam kegiatan panen padi.

“Alhamdulillah, matur nuwun, baru sekali ini dalam hidup saya panen padi dibantu Pak Polisi, Pak Tentara dan Pak PNS,” ungkap Slamet (44), Selasa (25/6/2019).

Iptu Eko Septi menambahkan, kedekatan polisi dengan masyarakat tidak harus melihat tempat dan dengan siapa, tetapi sejauh layak, bisa dan mampu, itulah yang dibutuhkan masyarakatan.

Maka saat Polri, TNI, ASN turun sawah membantu panen padi petani di Dukuh Bangking tersebut, adalah salah satu upaya Bhabinkamtibmas menciptakan ketentraman, dan ketertiban (Kamtimas) di wilayah hukum Polres Blora.

Menurut Kasubbag Humas Polres Blora, kegiatan seperti itu tidak hanya dilakukan Bripka Agus Wahyudi, anggota Polres di Polsek-Polsek juga sering melakukan kegiatan yang sama.

“Bhabinkamtibmas aktif membantu masyarakat di wilayah binaan, salah satu kegiatan rutin dan menjalin sinergi dengan stakeholder,” tambahnya.

“Sering dipesan oleh Kapolres Blora kepada jajarannya, anggota Polri harus jadi motivator, terutama pada petani di wilayah binaan masing-masing,” kata Iptu Eko Septi Supriyono.

Suarabaru.id/Wahono