blank
Anggota Polres Grobogan membersihkan bagian luar makam Bupati I Grobogan. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN – Menjelang peringatan HUT Grobogan ke 293, banyak instansi pemerintahan atau swasta di daerah ini melakukan berbagai macam kegiatan untuk memperingatinya. Terutama jajaran Polres Grobogan.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq memimpin jajarannya untuk membersihkan makam Pangeran Adipati Puger, yakni bupati Grobogan pertama yang dinobatkan tahun 1726, Selasa (26/2/2019). Menurut Kapolres, makam ini merupakan tempat yang dikunjungi kali pertama dalam tradisi Boyong Grobog yang akan diselenggarakan pada awal Maret 2019 nanti.

“Hari ini kita adakan kegiatan bersih makam jelang Boyong Grobog ini. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten Grobogan. Di samping itu, kegiatan yang kita laksanakan ini juga sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat,”

blank
Anggota polisi dari Polres Grobogan membersihkan bagian dalam makam Pangeran Adipati Puger. Foto: Hana Eswe

AKBP Choiron juga menegaskan, makam Pangeran Adipati Puger sebagai salah satu situs bersejarah, sehingga tidak berlebihan jika keberadaan makam ini mendapatkan perhatian sebab merupakan aset budaya Kabupaten Grobogan. “Marilah kita bersama selalu menjaga dan melestarikan cagar budaya dan situs sejarah ini,” ajak Kapolres.

Selain bersih-bersih makam, Kapolres bersama jajarannya juga melakukan kerja bakti merenovasi pos kamling. Kegiatan ini ditujukan sebagai apresiasi terhadap masyarakat yang mempunyai kesadaran pentingnya keamaanan secara swadaya. “Karena itu kita harus menghargainya sebab ini sangat membantu tugas utama polisi dalam menjaga Kamtibmas. Kalau ada warga yang punya kesadaran untuk menjaga keamanan dan secara mandiri, itu sangat bagus dan kita bisa bersinergi bersama mereka,” jelas Kapolres.

Melalui kegiatan rehab pos kamling ini, Kapolres berpesan kepada masyarakat sekitar makam agar menjadikan keamanan sebagai kebutuhan sehingga pelaksanaan pos kamling ini dapat berlangsung tanpa adanya paksaan dan menjadikan polisi bagi dirinya sendiri.

“Kepolisian akan selalu siap memberikan bantuan dan pelayanan apabila dibutuhkan. Silakan hubungi anggota Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat,” pungkasnya.

suarabaru.id/Hana Eswe