blank
Wali Kota Sigit Widyonindito sidak ke Kantor Kesbangpolinmas Kota Magelang, sekaligus menjadi pembina apel pagi ASN di instansi tersebut, Suarabaru.id/dok)

 

 

MAGELANG- Wali Kota Sigit Widyonindito melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Badan Kesatuan Bangsa Politik  dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Magelang, dan menjadi pembina apel pagi di instansi tersebut, Rabu (5/9). Dia sengaja mengambil apel pagi  karena ingin memberikan motivasi dan semangat kepada jajaran aparatur sipil negara (ASN) di kantor tersebut.

‘’Saya memandang penting ingin memberikan motivasi dan semangat kepada jajaran ASN di Badan Kesbangpolinmas. Karena, Badan Kesbangpolinmas fungsinya adalah mengkoordinir stabilitas kota dari berbagai isu (faham, agama, radikalisme, terorisme dan lainnya),’’ katanya usai apel pagi di Kantor Badan Kesbanglinmas, Rabu (5/9).

Menurutnya, dalam waktu 7 bulan ke depan Indonesia akan melangsungkan pesta demokrasi, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif.

‘’Kegiatan itu harus berjalan dengan baik dan aman. Perlu ada langkah konkrit antisipatif dari jajaran pemerintah daerah. Tolong persiapkan itu dengan sebaik-baiknya,’’ pintanya.

Pada apel pagi tersebut orang nomor satu di Kota Magelang  sempat mengungkapkan rasa kecewa. Karena, dari 26 ASN di Kantor Badan Kesbangpolinmas, hanya 13 orang yang hadir tepat waktu. Sebanyak 9 orang terlambat karena berbagai alasan dan 4 orang diketahui tengah dinas luar (DL).  ‘’Saya agak kecewa, kok disiplinnya menurun,’’ ungkapna.

Sigit meminta para ASN untuk lebih meningkatkan kedisiplinan. Dia membandingkan dengan para guru bantu/honorer yang bertugas di sekolah-sekolah konsisten datang tepat waktu.

‘’Setiap kali saya datang ke sekolah-sekolah, guru-guru selalu tepat waktu. Jangan sampai semangat mereka yang belum PNS tinggi, di jajaran saya malah seperti ini. Kan sayang sekali,” tutur Sigit.

Dia berharap, ke depan tidak akan ada lagi temuan serupa, baik di Badan Kesbangpolinmas maupun instansi lain. ‘’Saya meminta komitmen dari para ASN untuk selalu meningkatkan kedisiplinan serta pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Kesbangpolinmas Kota Magelang, Djatmo Wahyudi menyatakan pihaknya akan meningkatkan kedisiplinan dan kinerja para staf.

‘’Terima kasih atas perhatian Pak Wali Kota Magelang, akan kami tingkatkan disiplin dan kinerja staf mengingat tugas ke depan sangat berat. Ini menjadi dasar kami untuk membina staf lebih lanjut, agar mereka juga tahu komitmen kepala daerah demi kemajuan Kota Magelang,’’ ujar Djatmo yang tengah dinas luar ke Kendari. (Suarabaru.id/dh)