blank
Wali Kota Sigit Widyonindito menyaksikan lima ibu anggota GOW Kota Magelang menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, SMNet.Com/dh

 

MAGELANG- Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengaku bangga dengan para Kartini di Kota Magelang. ‘’Saya bangga dengan para Kartini di Kota Magelang. Semoga wanita Indonesia makin semangat dan berkedudukan sama dengan laki-laki,’’ ujarnya.

Dia menyampaikan itu saat menghadiri resepsi peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di Pendapa Pengabdian Rumah Dinas Walikota, kemarin.

Pada acara itu Sigit memberi tantangan kepada anggota GOW untuk menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini. Lima wanita kemudian maju ke panggung. ‘’Spontanitas saja, kira-kira ibu-ibu hafal tidak dengan lagu Ibu Kita Kartini. Coba kita tes semangatnya,’’ kata Sigit disambut tepuk tangan anggota GOW.

Empat orang peserta pertama mampu dengan lancar menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini tanpa kendala apapun. Ketika sampai giliran peserta kelima, Sigit dibuat tersenyum lantaran ibu tersebut tidak hafal lirik lagu tersebut.

Meski demikian, kelima peserta tersebut tetap menerima hadiah berupa uang tunai dari wali kota. Yakni Ny Eli Yudi Surani Juara I (Rp1 juta), Ny Candra Juara II (Rp 800 ribu), Ny Maudi Juara III (Rp 700 ribu), Salimah Juara IV (Rp 600 ribu) dan Ny Eva Dinar Juara V (Rp 500 ribu).

‘’Dari lima orang yang maju, saya bangga. Walaupun ada yang tidak hafal lirik lagunya, tapi tidak masalah,” tutur Sigit.

Dia berharap, para Kartini masa kini bisa terus mengembangkan kemampuan dan bakat mereka. Tidak hanya di daerah saja, namun hingga tingkat nasional. ‘’Buktikan bahwa wanita bisa sejajar dengan laki-laki,’’ terangnya.

Ketua GOW Kota Magelang Sri Rejeki Sulistyono mengatakan, perempuan juga memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dengan kaum laki-laki. Hal itu sejalan dengan tema yang diusung dalam peringatan Hari Kartini tahun ini.

‘’Tema yang diangkat yaitu Perempuan Sebagai Mitra Sejajar Pria Memiliki Kesempatan dan Tanggung Jawab Yang Sama Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara,’’ ungkap Sri.

Menurutnya, GOW memiliki banyak kegiatan yang dilaksanakan selama peringatan Hari Kartini. Mulai dari pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, pelatihan payet, pengobatan gratis di tempat penitipan anak Pasar Rejowinangun, donor darah, bantuan untuk kaum dhuafa hingga resepsi peringatan Hari Kartini. (SMNet.Com/dh)