blank
Ilkay Guendogan/dok

BASEL – Pep Guardiola, manajer Manchester City, terkesan dengan penampilan impresif gelandang Ilkay Guendogan. Pemain asal Jerman itu mencetak dua gol ketika The Citizens menang telak 4-0 atas tuan rumah Basel pada babak 16 besar leg pertama di St Jakob Park, Rabu (14/2) dini hari WIB. Dua gol lain dilesakkan Bernardo Silva dan Sergio Aguero.

Gol pertama Guendogan tercipta melalui tandukan menyambut sepak pojok. Sementara gol kedua lewat tendangan terukur. Midfielder 27 tahun itu menjadi sosok paling menonjol di lapangan. Selama 90 menit, eks pemain Borussia Dortmund ini mencatat 82 persen umpan sukses, empat tembakan tepat target dari empat percobaan, enam tekel mantap dari tujuh upaya, dan tak sekalipun kehilangan bola. Sepanjang musim ini Guendogan melewati 16 laga sebagai pemain pengganti dari 32 pertandingan.

“Guendogan adalah pemain luar biasa. Musim lalu dia absen lama dan kami merindukannya. Karakternya fantastis,” ungkap Pep. Mengenai kans lolos, Pep sangat yakin. Kendati punya hasil yang menakjubkan, dia ,meminta timnya untuk tetap fokus.

Dalam pada itu, Augero menjadi pemain City spesialis partai tandang di Liga Champions musim 2017-2018. Dia tak pernah berhenti membuat gol di kandang lawan. Seluruh empat golnya tercipta saat away. Tim-tim yang gawangnya dijebol Aguero adalah Feyenoord, Napoli, Shakhtar Donetsk, dan Basel.

Pelatih Basel Raphael Wicky mengakui kehebatan anak-anak asuhan Pep. Timnya telah berusaha, tapi tak mampu mengimbangi permainan Manchester Biru. (smn/rr)