Dua warga Dukuh Pengkol, Blora, Jamin (62) dan Sarmo (66), menjadi pahlawan penyelamat perjalanan Kereta Api Dharmawangsa Ekspress jurusan Jakarta - Semarang - Surabaya Pasarturi dari kecelakaan akibat rel putus Minggu sore 6 Oktober 2024. foto : istimewa

BLORA (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada dua warga Dukuh Pengkol, Desa Pengkol Jagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, yang telah berperan aktif dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api.

Kedua warga tersebut, Jamin (62) dan Sarmo (66), dengan sigap melaporkan adanya gangguan pada sambungan rel pada jalur hulu Km 57+1, petak jalan antara Stasiun Doplang dan Stasiun Randublatung, Kabupaten Blora, kepada petugas KAI.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu 6 Oktober 2024 sekira pukul 17.08 WIB, ketika KA 132A Dharmawangsa Ekspress relasi Jakarta – Semarang – Surabaya Pasar Turi hendak melintasi Km 57+1.

Masinis KA 132A Dharmawangsa Ekspress melihat kedua warga yang memberi isyarat dengan mengibarkan kaos berwarna merah dan berteriak memberi peringatan. Menanggapi hal ini, masinis dengan sigap dan cekatan segera melakukan pengereman dan menghentikan keretanya.

Setelah mendapatkan konfirmasi dari warga mengenai kondisi rel yang terganggu, masinis segera melaporkan situasi tersebut kepada pusat pengendali KA dan stasiun terdekat melalui radio telekomunikasi.

Tim Pemeliharaan Prasarana Daop 4 Semarang dengan cepat langsung dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memeriksa dan memastikan adanya kejadian tersebut.

Setelah memastikan kebenaran laporan warga, tim memberikan panduan kepada KA 132A Dharmawangsa Ekspress untuk melintasi area tersebut dengan aman pada kecepatan 5 km/jam.

Proses perbaikan rel dilakukan segera oleh Tim Pemeliharaan Prasarana, dan pada pukul 18.40 WIB jalur tersebut berhasil diperbaiki sehingga dapat dilewati kereta api dengan kecepatan normal.

Akibat kejadian ini, KA 132A Dharmawangsa Ekspress relasi Jakarta – Semarang – Surabaya Pasar Turi mengalami keterlambatan selama 40 menit.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Jamin dan Sarmo atas kepedulian dan aksi cepat mereka.

“KAI sangat mengapresiasi peran serta warga yang membantu mengamankan perjalanan kereta api. Keberanian dan kepedulian mereka sangat berharga dalam mencegah potensi bahaya,” ujar Franoto dalam keterangan persnya.

Selain itu, KAI juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan KA 132A Dharmawangsa Ekspress relasi Jakarta – Semarang – Surabaya Pasar Turi atas keterlambatan yang terjadi akibat insiden ini.

“Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api adalah prioritas utama kami. KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan mengutamakan keselamatan di setiap perjalanan,” tambahnya.

KAI berharap, melalui kejadian ini, semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya peran serta dalam menjaga keselamatan jalur kereta api dan dapat melaporkan jika ada potensi gangguan kepada petugas KAI.

“Terima kasih kepada para warga yang telah peduli akan keselamatan perjalanan kereta api. KAI senantiasa siap bekerja sama dengan masyarakat guna memastikan keselamatan perjalanan kereta api di seluruh wilayah operasional,” tutup Franoto.

Hery Priyono