SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen kembali meraih prestasi membanggakan di bidang penyelenggaraan pelayanan publik.
Bahkan di penghujung tahun 2024, Pemkab Kebumen meraih penghargaan Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik terbaik di Jawa Tengah, dengan skor nilai 97,53.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyerahkan penghargaan tersebut kepada Sekda Edi Rianto pada kegiatan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Wilayah Jawa Tengah, Senin (2/12).
Sekda Kebumen Edi Rianto menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang berhasil diraih Pemkab Kebumen dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik. Menurut dia, prestasi ini merupakan buah dari kerja keras seluruh ASN yang didukung sepenuhnya oleh masyarakat Kebumen.
“Alhamdulillah puji syukur di akhir tahun ini, penghargaan kembali diraih oleh Pemkab Kebumen dalam hal pelayanan publik. Pelayanan publik kita dipandang baik oleh Pemerintah Provinsi. Tentunya ini menjadi modal penting kita untuk terus meningkatkan kinerja,”ujarnya.
Edi Rianto menuturkan, tugas utama pemerintah adalah memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakatnya. Caranya dengan menghadirkan sistem pelayanan yang aman, nyaman, dan efisien. Terkhusus pelayanan terhadap kelompok disabilitas, anak dan lansia,
“Dengan penghargaan ini, sistem pelayanan publik kita sekarang masuk zona hijau dengan kualitas tertinggi,”imbuh Edi.
Ia berharap kualitas pelayanan publik baik dari pemenuhan standar pelayanan, sarana prasarana, kompetensi penyelenggara layanan dan pengelolaan pengaduan, bisa terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.”Artinya kita tidak boleh berhenti sampai di sini, tapi terus ditingkatkan,”ujarnya.
Menurut Sekda, dalam menciptakan pelayanan yang baik, perlu adanya inovasi dari seluruh satuan OPD, dari Dinas sampai kelurahan atau desa sehingga pelayanan publik yang baik bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
Komper Wardopo