blank
Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya, Rini Patmini saat membuka Lomba Masak Serba Ikan. Foto: Kmf

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dengan panjang garis pantai 82,73 kilometer, Jepara memiliki potensi  perikanan baik budidaya laut, payau, maupun tawar.  Jepara sangat mampu dalam menyediakan bahan baku  ikan sebagai sumber bahan pangan sehat.

Namun angka konsumsi ikan Jepara tahun  2023 baru sebesar 38,42 kg/kapita/tahun, masih di bawah angka konsumsi ikan Jawa Tengah (39, 83 kg/kapita/tahun) dan nasional (56,48 kg/kapita/tahun)

Hal tersebut diungkapkan oleh  Pj.Bupati Jepara H. Edy Supriyanta dalam sambutannya yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya, Rini Patmini saat membuka Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Jepara 2024.  Lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK  di salah satu resto di Bandengan, Kamis (24/10/2024).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Protein Ikan untuk Generasi Emas Jepara 2045”. Pelaksanaan lomba ini bernilai penting guna penganekaragaman produk olahan yang aman, sehat, halal dan disukai masyarakat.

Karena itu menurut Rini, peningkatan konsumsi ikan di tengah masyarakat harus terus kita gaungkan. “Masyarakat harus diberi motivasi dan kita berikan pemahaman yang tepat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan bagi kesehatan,”tuturnya.

blank
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara Farikhah Elida

Ketersediaan olahan ikan di tingkat keluarga sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang generasi penerus. Ikan merupakan sumber gizi dan protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan perkembangan otak, serta dapat mencegah stunting.

“Saya berpesan agar berbagai resep yang tersaji dalam  lomba ini tidak hanya beredar di kalangan kita saja, namun harus kita sebar luaskan baik melalui media sosial, lewat pertemuan PKK di tingkat desa, RW, dan RT. Para ibu rumah tangga dapat mengkreasikan menu olahan ikan yang tidak monoton bagi keluarga setiap harinya,”terang Rini Patmini.

blank
Peserta lomba masak ikan tingkat Kabupaten Jepara 2024

Lomba ini diikuti perwakilan dari 16 Kecamatan yang ada di Jepara. Masing-masing peserta lomba terdiri dari 2 orang.

Selain itu, juga diisi dengan talkshow dengan menghadirkan narasumber dari Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Tri Winarni Agustini.

Menu yang dilombakan adalah inovasi menu yang mudah diaplikasikan untuk menu harian keluarga yang berbahan baku dari ikan unggulan daerah, ikan  tongkol. Jenis masakan yang dilombakan terdiri dari tiga kategori, yakni Menu Ikan Untuk Keluarga, Menu Ikan Untuk Balita, serta Menu Kudapan.

Dewan Juri terdiri dari Tim PKK Kabupaten, Yuni Masud Indonesia Chef Asosiation (ICHA) Miftah, Wiwid Widyatni dari Dinas Kesehatan Kabupaten, serta  Supriyanti dari Dinas Perikanan.

Juara 1 Menu Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Jepara, Juara 1 Kecamatan Kalinyamatan, Juara 2 Kecamatan Tahunan, Juara 3 Kecamatan Mlonggo.  Untuk Harapan 1 dari Kecamatan Kedung, Harapan 2 Kecamatan Kembang, dan Harapan 3 Kecamatan Nalumsari.

Hadepe