blank
Peserta pemilihan Duta Bahasa

JEPARA (SUARABARU.ID) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara telah sukses menyelenggarakan serangkaian lomba dalam rangkaian awal International Language and Culture Festival (ILCF) 2024 yang mengusung tema “The Power of Words and Cultures.” Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati bulan bahasa yang melibatkan peserta dari berbagai tingkat pendidikan.

Lomba Menyanyi Bahasa Asing menjadi salah satu pembuka kegiatan, yang diadakan di Taman UNISNU Jepara. Acara diawali dengan penampilan Rektor dan Wakil Rektor 3 yang menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris dan Arab.

blank
Lomba Menyanyi Bahasa Asing menjadi salah satu pembuka kegiatan diawali dengan penampilan Rektor dan Wakil Rektor 3 yang menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris dan Arab. Foto: Dwi Erlin

Dalam lomba ini, Juara 1 dimenangkan oleh perwakilan dari Bidang II UNISNU Jepara dengan lagu “Can’t Take My Eyes Off You” karya Frankie Valli. Juara 2 diraih oleh perwakilan dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi UNISNU Jepara dengan lagu “Cancer” dari My Chemical Romance. Sedangkan Juara 3 dimenangkan oleh perwakilan dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara dengan lagu Mandarin “You Dian Tian” yang dinyanyikan oleh Silence Wang. Setelah pengumuman pemenang, lomba menyanyi ditutup dengan meriah.

Selanjutnya lomba Duta Bahasa dimulai di Laboratorium UPT Pengembangan Bahasa, Lantai 3 Gedung Rektorat UNISNU Jepara. Lomba ini melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi, baik S1 maupun S2. Para peserta memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, diikuti dengan sesi tanya jawab oleh para juri. Dari babak penyisihan ini, telah terpilih 5 peserta terbaik yang akan tampil di puncak acara ILCF 2024 pada 31 Oktober.

blank
Pemenang lomba menyanyi bahasa asing antar karyawan. Foto: Dwi Erlin

Selain lomba-lomba tersebut, ILCF 2024 juga menyelenggarakan berbagai kompetisi lain, yaitu Lomba Tari Kreasi Nusantara untuk tingkat SD/sederajat, yang menampilkan kreativitas siswa dalam mengeksplorasi kekayaan budaya Nusantara melalui tarian tradisional.

Juga Lomba Storytelling untuk tingkat SMP/sederajat, di mana peserta menyampaikan cerita dalam bahasa Inggris dengan ekspresi dan kreativitas yang memukau. Lomba Orasi untuk tingkat SMA/sederajat, yang menantang peserta untuk menyampaikan orasi dengan tema bullying secara meyakinkan dan persuasif serta Lomba Puisi untuk tingkat Pondok Pesantren (Ponpes), yang menampilkan keindahan berbahasa dalam bentuk puisi dengan mengangkat nilai-nilai budaya dan agama.

Dengan berbagai lomba yang melibatkan peserta dari berbagai tingkatan, ILCF 2024 diharapkan dapat menjadi wadah yang inspiratif untuk mengapresiasi keberagaman budaya dan memperkuat kemampuan berbahasa generasi muda.

Sampai jumpa pada 31 Oktober 2024!

Hadepe – Dwi Erlin