blank

Unit Kegiatan Mahasiswa Jamiyatul Quro wal Hufadz (JQH) Unissula melaksanakan kegiatan Musabaqoh Seni Qur’ani Nasional (MSQN) 2024. Acara utama digelar di Auditorium kampus Unissula. Sedangkan beberapa kegiatan digelar di beberapa fakultas. Musabaqoh diikuti 200 peserta. Yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia, Selasa (22/10/2024).

Kepala LPKA Unissula Ady Fajar Putranto SE mengungkap kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi. Namun sarana untuk menyebarluaskan kandungan Al Qur’an. “Saya merasa terhormat dapat hadir untuk menyampaikan sambutan pembukaan lomba Musabaqoh Seni Qur’ani Nasional 2024. Kegiatan ini memiliki arti yang sangat penting, tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana untuk menggali, mempelajari, serta menyebarluaskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an melalui seni dan kreativitas,” ungkapnya mewakili Wakil Rektor III Unissula Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD.

Selanjutnya Ketua umum JQH Unissula Muhammad Faiqul Ilmi mengungkap, “Mari kita jadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup dan sumber inspirasi. Dan menjalin lebih kuat lagi ukhuwah kita sesama pecinta Al-Qur’an dari berbagai penjuru tanah air. Semoga semangat berkompetisi yang telah terbangun ini dapat terus kita pupuk dalam kehidupan sehari-hari. Dan keberkahan Al-Qur’an senantiasa selalu menyertai kita semua,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan ukhuwah islamiah dan kecintaan terhadap Al Qur’an. Sekaligus mensyiarkan Al Qur’an melalui para pelajar dan mahasiswa dengan potensi, minat, serta bakat dalam bidang Qur’ani.

Adapun dalam lomba ini terdapat beberapa cabang lomba. Yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Hifdzil Qur’an 10 dan 20 juz, Musabaqoh Syarhil Qur’an, dan Musabaqoh Khattil Qur’an.