blank
Para pekerja lepas mulai merakit kotak suara untuk Pilkada Serentak Kota Semarang 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Semarang, Kamis 17 Oktober 2024. Foto : Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mulai melakukan persiapan logistik jelang hari-H pemungutan suara Pilwakot Semarang 2024 pada 27 November mendatang.

Setelah beberapa waktu lalu seluruh logistik pilkada berdatangan seperti kertas surat suara, tinta, formulir c, hingga kotak dan bilik suara, kali ini tahapan perakitan kotak suara dimulai.

Bertempat di Gudang Logistik KPU Kota Semarang di Kawasan Industri Gatot Subroto, Kamis 17 Oktober 2024, sebanyak 4748 Kotak Suara mulai dirakit untuk kebutuhan seluruh TPS di 16 kecamatan se-Kota Semarang.

“Hari ini (Kamis 17 Oktober 2024) kami mulai melakukan perakitan 4748 Kotak Suara untuk kebutuhan diseluruh TPS. Rincian hitungannya adalah 2 x 2358 TPS sejumlah 4716 Kotak dan 2 x 16 kecamatan sejumlah 32 Kotak, total 4748 kota,” kata Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Semarang, Agung Nugroho.

Agung menjelaskan, untuk perakitan Kotak Suara Pilkada Serentak Kota Semarang 2024 tersebut, KPU Kota Semarang mengerahkan tenaga kerja sebanyak 50 orang yang bekerja selama dua hari.

“Targetnya bisa selesai dua hari ini, mulai hari ini (Kamis 17 Oktober 2024) hingga besok (Jumat 18 Oktober 2024). Yang merakit 50 orang kita bagi dua kelompok, ya mudah-mudahan besok Jumat sudah selesai semua,” kata Agung.

Dalam perakitan kotak suara tersebut, Agung mengakui kalau pengawasannya memang tidak begitu ketat seperti saat proses sortir dan pelipatan surat suara yang wajib diawasi KPU, Bawaslu, dan pihak kepolisian.

“Ya kalau ini kan hanya merakit kotak suara saja. Tidak begitu ketat, mereka yang kerja masuk gudang tetap diperiksa sesuai standar tapi tidak ada aturan khusus. Beda kalau pas proses sortir lipat surat suara, itu baru pengawasannya ketat melibatkan KPU, Bawaslu, dan polisi,” katanya.

Hery Priyono