blank
Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jateng, Muhammad Rofiuddin tengah melakukan pengawasan surat suara. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Surat suara pemilihan gubernur-wakil gubernur di Jawa Tengah 2024 sudah mulai didistribusikan atau dikirim dari perusahaan percetakan ke KPU kabupaten/kota.

Pertama kali pergeseran surat suara dari percetakan ke kabupaten/kota di Jawa Tengah dimulai pada Kamis (17/10/2024). Bawaslu Provinsi Jawa Tengah melakukan pengawasan terhadap proses tersebut.

Bawaslu Jawa Tengah yang diwakili Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Muhammad Rofiuddin melakukan pengawasan secara langsung di percetakan surat suara di salah satu perusahaan di Sumedang, Jawa Barat.

Pengawasan dilakukan guna memastikan semua ketentuan dalam pengadaan dan distribusi logistik pemilihan gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah berjalan sesuai dengan aturan. Satu per satu proses percetakan dan pengiriman surat suara diawasi oleh Bawaslu Jawa Tengah.

“Pengiriman surat suara untuk Pilgub Jawa Tengah dilakukan secara bertahap di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah. Pada Kamis (17/10/2024), jadwal pengiriman surat suara Pilgub untuk Salatiga, Boyolali, Klaten dan Wonogiri. Masih pada hari yang sama, surat suara jenis Pilgub Jateng juga dikirim ke Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, dan Surakarta,” ungkap Rofiuddin, Jumat (18/10/2024).

Hasil pengawasan Bawaslu di Jawa Tengah menunjukkan bahwa surat suara tersebut sudah sampai di masing-masing kabupaten/kota. Untuk Salatiga, surat suara sudah tiba di kota tersebut pada 17 Oktober 2024 pukul 20.19 WIB. Yang dikirim sebanyak 26 box berisi 153.359 lembar surat suara.

“Di Boyolali, surat suara sudah tiba jam 23.30 dengan jumlah 851.494 lembar. Di Klaten, sebanyak 998.645 lembar surat suara sudah tiba pada 18 Oktober pukul 01.10 WIB. Adapun di Sukoharjo surat suara tiba pada 18 Oktober pukul 02.40 WIB sebanyak 702.236. Di Surakarta sudah terkirim sebanyak 454.487 lembar surat suara pada 18 Oktober 2024 pukul 04.10 WIB,” terangnya.

Selanjutnya pada 18 Oktober akan dilakukan pengiriman surat suara untuk Demak dan Grobogan. Adapun untuk kabupaten/kota lain akan dilakukan pengiriman pada tanggal-tanggal berikutnya. Pengiriman surat suara dilakukan menggunakan truk ekspedisi. Untuk pengamanan, dilakukan pengawalan oleh personil aparat kepolisian bersama dengan pihak KPU Provinsi Jawa Tengah.

Setelah surat suara sampai di kabupaten/kota, maka akan diterima oleh KPU kabupaten/kota. KPU masing-masing kabupaten/kota harus menyiapkan gudang atau ruang penyimpanan terhadap logistik pemilihan gubernur-wakil gubernur 2024.

Sebelumnya, beberapa logistik pemilihan gubernur Jawa Tengah juga sudah dikirim ke masing-masing kabupaten/kota. Seperti kotak suara, bilik suara, tinta, sampul, kabel ties dan lainnya. Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota juga melakukan pengawasan terhadap pengadaan dan distribusi logistik tersebut.

Ning S