blank
Sosialisasi Kampanye dan Netralitas ASN yang diadakan KPU Batang. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Jelang 40 hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang terus mendorong pemilih pemula berpartisipasi menjadi penyelenggara pada Pilkada 2024.

“Kami mendorong kepada semua Stakeholder yang ada baik organisasi masyarakat, mahasiswa, dan pelajar terutama untuk pemilih pemula,” kata Ketua KPU Batang Susanto Waluyo usai Sosialisasi Kampanye dan Netralitas ASN di Hotel Dewi Ratih Batang, Kabupaten Batang, Kamis (17/10/2024).

Strategi mengajak pemilih pemula dengan pendekatan ke sekolah-sekolah supaya melakukn pengecekan siswanya jika sudah 17 tahun dapat mendaftarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Ketika anak sudah berusia 17 tahun semenjak tanggal 27 November 2024 maka pemilih pemula sudah memberikan hak pilihnya,” jelasnya.

Susanto menyebutkan bahwa, keterlibatkan pemilih pemula ini harus didorong agar meningkatkan pertisipasi mereka dalam memberikan hak pilihnya dalam Pilkada Kabupaten Batang.

Kemudian, lanjut dia, untuk pensiunan TNI dan Polri pada tanggal 27 November 2024 sudah menerima SK pensiun bisa segera melaporkan ke KPU Kabupaten Batang karena berhak menggunakan suaranya.

“Selain itu, KPU Kabupaten Batang sedang menyiapkan debat antar calon Bupati dan Wakil Bupati yang kemungkinan akan dilakukan dua kali,” ujar dia.

Nur Muktiadi