blank
Wakil Ketua DPRD Kudus dari Fraksi Partai Golkar H Anis Hidayat MH. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – empat orang Pimpinan DPRD Kabupaten Kudus periode 2024-2029 secara resmi telah dilantik pada Selasa (15/10) malam. Mereka adalah H Masan SE MM dari PDI Perjuangan sebagai ketua, dan tiga orang Wakil Ketua yakni H Mukhasiron S.Ag dari PKB, Sulistyo Utomo SE MM dari Partai Gerindra dan H  MH dari Partai Golkar.

Dari keempat orang Pimpinan DPRD tersebut,  merupakan wajah baru dalam formasi kepemimpinan DPRD periode ini. H Anis Hidayat MH terpilih  setelah partainya merekomendasikan dirinya menyisihkan kandidat lainnya dari Fraksi Partai Golkar.

Mengenai jabatan yang baru diembannya tersebut, H Anis Hidayat MH  dengan rendah hati menyatakan bahwa jabatan adalah Amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Pihaknya berharap dukungan dari semua pihak termasuk dari seluruh jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kudus yang ada saat ini, agar bisa menjalankan seluruh tugasnya sebagai pimpinan dewan dengan baik.

“Tentu saya sangat berharap dukungan dari semua pihak termasuk Ketua DPRD dan para Wakil Ketua yang lain agar bisa melaksanakan tugas dengan baik,”kata Anis, Kamis (17/10).

blank
H Anis Hidayat MH menjadi wajah baru dalam formasi pimpinan DPRD Kudus masa jabatan 2024-2029. foto: Ali Bustomi

Lebih lanjut, H Anis Hidayat MH menyatakan bahwa sebenarnya peran pimpinan baru atau lama tidak jauh berbeda. Karena pada dasarnya, tugas pokok dan fungsi seluruh anggota DPRD adalah sama.

Hanya saja, dengan sistem kolektif kolegial, seorang anggota dewan tentu tidak bisa berjalan sendiri namun harus bekerja secara bersama-sama dengan baik.

“Sama aja, pimpinan baru atau lama, tugas pokok dan fungsinya kan sama seperti anggota lainnya. Tentu kita tidak bisa berjalan sendiri karena tanggung jawab besar ini kolektif. Harapannya, fungsi koordinasi melalui pimpinan DPRD ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Itu saja yang saya harapkan,” ujar Anis.

Oleh karena itu, kata H Anis Hidayat MH, untuk menjalankan tugasnya dengan baik, pihaknya siap untuk selalu meningkatkan koordinasi dan kinerja, demi kemajuan Kabupaten Kudus di masa mendatang.

Meski merupakan wajah baru di jajaran Pimpinan DPRD Kudus, namun karier politik  sebenarnya sudah mulai dijalani sejak lima tahun yang lalu.  juga merupakan Fraksi Partai Golkar anggota DPRD Kudus periode 2019-2024.

Pada periode tersebut,  juga mengemban Amanah sebagai sebagai Ketua Komisi B. Komisi tersebut membidangi persoalan ekonomi, ketenagakerjaan hingga kebudayaan dan pariwisata.

Pada Pemilu Legislatif DPRD Kudus 2024 lalu,  terpilih lagi lewat Daerah Pemilihan Kudus 3 (Jekulo-Dawe).

Oleh karena itu, pria 44 tahun yang pernah mengeyam Pendidikan di bangku MA NU TBS  tersebut mengaku siap menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Berbekal pengalamannya dalam memimpin Komisi B pada periode lalu, H Anis Hidayat MH siap untuk bersama-sama Wakil Ketua lain untuk membantu Ketua menjadikan DPRD sebagai Lembaga wakil rakyat yang selalu memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Sesuai sumpah jabatan yang kami ucapkan saat pelantikan, seluruh anggota DPRD Kudus berkewajiban untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya,”tandasnya.

 

Profil H  Anis Hidayat MH

Tempat Tanggal Lahir                   

Kudus, 2 Agustus 1980

Alamat

Desa Piji, RT 3/RW 3, Kecamatan Dawe, Kudus

Pendidikan        

MA NU TBS

S1 STAIN Kudus

S2 Unisula

Pengalaman Organisasi

Sekretaris KNPI 2015-2018

Ketua Cabang HMI Kudus 2003-2004

Wakil Ketua DPD Partai Golkar 2020-2025

 

Ads-Ali Bustomi