blank
Petugas mengecek kondisi bus secara detail untuk mengantisipasi fatalitas saat berkendara di jalan raya. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Satlantas Polres Grobogan bersama Dinas Perhubungan melakukan ram check (pengecekan perlengkapan kendaraan) terhadap bus di Terminal Induk Purwodadi, Rabu 16 Oktober 2024.

Kegiatan ramp check ini dipimpin oleh Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Grobogan, Ipda Teddy Hernomo, pada hari ketiga Operasi Zebra 2024. Hadir dalam kegiatan tersebut petugas dari Dishub Grobogan yang melakukan pemeriksaan uji laik kendaraan.

Menurut Ipda Teddy Hernomo, kegiatan ram chek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pengecekan administrasi dan kelayakan kendaraan angkutan umum yang beroperasi di daerah tersebut.

Hal itu dilaksanakan dengan memeriksa secara detail kelengkapan administrasi kendaraan serta kondisi fisik kendaraan, seperti lampu sein dan kendaraan yang sudah melebihi batas usia.

“Kami memang melakukan pencegahan dini terhadap kecelakaan yang diakibatkan karena masalah teknis kendaraan, ” ujar Ipda Teddy, sapaan akrabnya.

Imbauan juga digalakkan petugas dengan mengajak para sopir bus untuk lebih memperhatikan kondisi kendaraan mereka sebagai bagian dari upaya menjaga keselamatan bersama di jalan raya.

Satu Bus Tak Boleh Jalan

Ipda Teddy, mengatakan pelaksanaan ram check ini adalah merupakan upaya Sat Lantas Polres Grobogan untuk meminimalisir angka kecelakaan, sehingga pengemudi dan para penumpang dapat merasa aman dan nyaman dalam perjalanan mereka.

Menurut Ipda Teddy, dari hasil pengecekkan bus AKAP terdapat satu bus yang tidak memiliki trayek dan surat-surat tidak lengkap. “Untuk bus, sementara tidak diperbolehkan berjalan dan diganti bus lainnya untuk keselamatan penumpang,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Paur Humas Polres Grobogan ini.