Unissula resmi membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2025- 2026 per Jumat (11/10/2024). Hal itu disampaikan Rektor Prof Dr Gunarto SH MH di depanbelasan wartawan saat konferensi press di kampus Unissula. Pembukaan PMB yang lebihawal dari perguruan tinggi negeri. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan pada para calon mahasiswa Unissula yang ingin memastikan mendapat tempat kuliah lebih awal. Selain itu tidak semua calon mahasiswa menginginkan kuliah di negeri. Universitas sepertiUnissula juga punya pangsa pasar sendiri,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam tiga tahun terakhir tren capaian mahasiswa baru Unissulaterus mengalami peningkatan.  “Bahkan dalam dua tahun terakhir jumlah mahasiswa baruUnissula merupakan yang tertinggi diantara perguruan tinggi swasta di Jawa tengah. Tahun2022 jumlah mahasiswa baru Unissula 5.405. Tahun 2023 sejumlah 7.346 dan tahun 2024 mencapai 11.994,” ungkapnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan berbagai data menggembirakan tersebut menunjukkantingginya kepercayaan masyarakat untuk kuliah di Unissula. “Hal itu merupakan suatu halyang harus kita syukuri,” tambahnya.

Menurutnya ada banyak keunggulan kuliah di Unissula. Keunggulan tersebut antara lain Unissula kampus terakreditasi institusi unggul dari BAN PT, terakreditasi internasional dariASIC dan ABEST21 sehingga memiliki daya saing nasional & internasional. Unissulamenempati peringkat 401 dunia versi Webometrics. PTS peringkat 9 nasional versiWebometrics. PTS peringkat 6 nasional versi Times Higher Education. PTS Peringkat 1 di Jateng versi Times Higher Education.

Keunggulan lainnya lulusannya memperoleh pekerjaan kurang dari 3 bulan pasca diwisuda. Unissula mencetak mahasiswanya taat pada kedua orang tua (birrul walidain). Unissulamengajarkan mahasiswanya memiliki hati yang bersih (qolbun salim). Unissula memilikijaringan kerjasama internasional dengan berbagai universitas di Eropa, Amerika, Asia, dan Afrika dan mengimplementasikannya dalam dual program, pertukaran mahasiswa, risetbersama dan lainnya.

Di tahun akademik 2025 -2026 Unissula membuka pendaftaran jalur online. Untuk jaluronline ada banyak kemudahan yang ditawarkan. Pendaftar cukup mengisi biodata di lamanpmb.unissula.ac.id dari mana saja dan kapan saja.selanjutnya pendaftar melakukan pembelianPIN pendaftaran. Pendaftar tercatat sebagai siswa siswi kelas XII tingkat SMA atau sederajatpada tahun akademik 2024-2025 atau lulusan sebelumnya. Menggunakan nilai rapot semester IV dan nilai ijazah bagi yang sudah lulus. Khusus prodi Kedokteran Umum ujian dilakukanmenggunakan tes CBT setiap 2 pekan sekali dan calon mahasiswa melakukan ujian di kampus Unissula.

Selain jalur online Unissula juga membuka pendaftaran jalur Prestasi untuk prodi KedokteranUmum dan Kedokteran Gigi. Pendaftarannya saat ini sudah dibuka. Pendaftar dapatmengakses smua informasi melalui web pmb.unissula.ac.id.