Prodi S1 Teknik Industri FTI Unissula bekerjasama dengan PT ScanCom Indonesia. Salah satu perusahaan dari grup ScanCom Internasional yang berlokasi di Denmark. Kerjasama ini terkait pelaksanaan dan pengembangan tridharma perguruan tinggi. Selain itu juga sebagai wujud nyata sinergitas antara bidang pendidikan dan industri. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Dekan FTI Unissula Dr Ir Novi Marlyana ST MT IPU ASEAN Eng dan Managing Director PT. Scancom Indonesia Dr Nico Alexander Vizano SE MM, Rabu (9/10/2024).

Novi mengungkap kerjasama ini merupakan langkah yang sangat penting untuk menunjang pembelajaran. “Kami berharap MoU ini dapat segera diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga peningkatan kualitas pelaksanaan dan pengembangan tridharma perguruan tinggi melalui kemitraan dengan dunia industri dapat tercapai, sebagai jembatan antara institusi pendidikan dan industry,” ungkapnya.

Sementara itu Kaprodi Teknik Industri Wiwiek Fatmawati ST MEng melanjutkan, “Mahasiswa lulusan Prodi Teknik Industri tidak hanya memiliki bekal keilmuan tetapi juga pengalaman yang akan sangat dibutuhkan saat mereka nanti terjun di dunia praktis,” jelasnya.

Selanjutnya Nico menyampaikan MoU dimaksudkan sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. “Kerjasama ini bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dalam upaya meningkatkan kerjasama yang lebih nyata antara industri dan perguruan tinggi. Mahasiswa prodi Teknik Industri dapat melakukan magang sesuai dengan konsep merdeka belajar dan memberikan kesempatan internship bagi lulusan untuk melakukan magang kerja dalam periode waktu tertentu” jelasnya.

Adapun ruang lingkup perjanjian kerjasama ini diantaranya bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, program magang mahasiswa dan rekrutmen alumni.

Sebagai contoh dalam bidang Pendidikan, diharapkan ada transfer ilmu dari pihak industri sebagai tenaga ahli dan praktisi. Yaitu dengan menjadi dosen tamu dalam kuliah umum atau kelas reguler sebagai tim pengajar.