UPNS Konseling USM, akan menggelar seminar masalah kesehatan mental, di Gedung Prof Ir Joetata Hadihardadja, Lantai 6, kampus setempat, Senin (28/10/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Unit Pengelola Non-Struktural (UPNS) Konseling Universitas Semarang (USM), akan menggelar seminar masalah kesehatan mental dengan tema ‘Gen-Z Workplace: Mental Health Issues’. Dijadwalkan seminar ini digelar di kampus USM, Gedung Prof Ir Joetata Hadihardadja, Lantai 6, Senin (28/10/2024), pukul 08.00-12.00 WIB.

Ketua UPNS Konseling USM, Feti Pratiwi SPsi MPsi Psikolog mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pandangan dan pemahaman mengenai kesehatan mental atau kesehatan jiwa di dunia kerja, bagi pekerja dan mahasiswa.

”Kami menargetkan kegiatan seminar ini akan diikuti 200 peserta, terdiri dari mahasiswa dan umum. Kegiatan ini menghadirkan narasumber gitaris Dewa 19 Vega Antares, dan Dosen Fakultas Psikologi USM Yudi Kurniawan MPsi,” kata Feti.

BACA JUGA: Aksi Heroik Selamatkan Perjalanan Kereta Api, KAI Apresiasi Warga Blora

Sementara itu, Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, menyambut positif atas dilaksanakannya kegiatan ini. Pasalnya, saat ini kesehatan jiwa karyawan menjadi perhatian utama dalam dunia kerja modern.

Menurut dia, pada era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, tekanan yang dihadapi akan semakin meningkat.

”Tuntutan produktivitas yang tinggi dan jadwal kerja yang ketat, juga harapan yang kadang berlebihan, dapat memberikan dampak negatif pada kondisi mental seseorang. Maka USM hadir melalui UPNS Konseling, untuk menjawab kondisi-kondisi itu,” tukas Junaidi.

Riyan