BEM Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula menggelar Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar (LKMM TPD). Salah satu rangkaian acaranya aksi penanaman 700 bibit mangrove dan bersih lingkungan di Desa Banjarsari, Sayung, Demak. Hal ini dalam rangka mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kepedulian sosial mahasiswa, Rabu (9/10/2024).

Kepala Dusun Dombo Banjarsari sangat berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan ini. “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini, terlebih lagi adanya para mahasiswa yang mau terjun langsung menanam mangrove dan membersihkan lingkungan, Ini adalah suatu hal yang bagus untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Sebelum aksi penanaman, mahasiswa peserta LKMM T-PD melakukan diskusi dan merancang program kerja terkait permasalaban abrasi dan pencemaran lingkungan di wilayah tersebut. Hasıl diskusi kemudian dipresentasikan dan dikoreksi oleh tim screening.

Melalui aksi yang diikuti 110 mahasiswa tersebut berhasil menanam 700 bibit mangrove dan berhasil mengumpulkan 20 karung sampah.
Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan. Tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Karena mahasiswa belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian alam, bekerja sama dalam tim, dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah.