Dies Natalis Fakultas Biologi UKSW ke-62. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Memperingati Dies Natalis ke-62, Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengadakan acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni “Lomba Cerdas Cermat dan Proyek Biologi”.

Kegiatan yang berlangsung di Balairung Universitas ini diikuti oleh ratusan siswa SMA dari berbagai sekolah di Jawa Tengah, belum ini.

Beberapa sekolah tersebut yaitu SMA Kristen Satya Wacana, SMA Negeri 1 Salatiga, SMA Negeri 1 Bringin, SMA Negeri 1 Grabag, SMA Negeri 1 Boyolali, SMA Negeri 1 Ungaran, dan SMA Batik 1 Surakarta. Lomba yang mengusung tema “Advancing Biological Sciences: Exploring Knowledge and Innovation” ini berlangsung meriah dan penuh semangat.

Pada kompetisi Cerdas Cermat, para peserta memulai dengan seleksi awal berupa pengisian soal-soal bidang biologi. Kemudian, para peserta beradu argumen dalam debat mengenai penerapan ilmu biologi dalam kehidupan sehari-hari dihadapan tim juri yakni dosen Fakultas Biologi.

Di sisi lain, kompetisi Proyek Biologi juga tidak kalah menarik. Sebanyak 16 stan proyek biologi peserta lomba berjajar rapi di Balairung Universitas mempresentasikan berbagai produk kreatif seperti makanan herbal, obat untuk kulit, media dan pembelajaran biologi. Beberapa produk tersebut diantaranya produk Tan & Sco, cairan tanin hasil ekstrak limbah sabut kelapa yang memiliki manfaat untuk menanggulangi pencemaran logam berat diperairan.

Juara lomba

Setelah melewati rangkaian lomba, pada kompetisi Cerdas Cermat, SMA Negeri 4 Surakarta keluar sebagai juara 1, disusul SMA Negeri 3 Surakarta sebagai juara 2 dan SMA Negeri 3 Salatiga memperoleh juara 3. Sedangkan, pada kompetisi Proyek Biologi SMA Kristen Satya Wacana berhasil menyabet juara 1, SMA Negeri 1 Salatiga memperoleh juara 2 dan SMA Negeri 8 Surakarta meraih juara 3.

Antusiasme ratusan peserta tersebut kental terasa dalam lomba kali ini. Citra Elisa Hutagaol salah satu peserta dari siswa SMA Virgo Fidelis mengungkapkan rasa senang dan bangganya bisa berkontribusi dalam lomba ini. “Senang dan bangga mengikuti kompetisi ini. Kegiatan sangat bagus karena menjadi wadah bagi untuk mengasah hardskill dan softskill kami,” ungkap siswa kelas 12 ini.

Selain Citra Elisa Hutagaol, guru pendamping dari SMA Negeri 1 Kota Mungkid Rini Winarti, S.Pd., Gr., juga membeberkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan public speaking, berpikir kritis, menguji kemampuan di bidang biologi serta melahirkan jiwa-jiwa kreatif.

Peran ilmu biologi

Ketua panitia Dies Natalis ke-62 Fakultas Biologi Andreas Sukmana, M.S., mengungkapkan, lomba ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang pentingnya peran ilmu biologi mengatasi permasalahan yang muncul akibat perubahan dunia.