Tim gabungan TNI-Polri bersama aparat dari Satpol-PP Kabupaten Wonogiri, melakukan patroli skala besar sekaligus melakukan razia ke tempat-tempat hiburan malam.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri bersama instansi keamanan terkait, menggelar patroli gabungan berskala besar. Tujuannya, untuk mengantisipasi kemunculan kerawanan dalam upaya cipta kondisi. Juga sebagai upaya mencegah kemunculan gangguan yang berkaitan dengan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, Minggu (6/10/24), menyatakan, patroli gabungan berskala besar kali ini menyasar ke sejumlah tempat hiburan malam di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Tim gabungan yang melaksanakan patroli skala besar terdiri atas 2 peleton. Dilakukan oleh anggota Polres Wonogiri dari berbagai satuan, bersama para anggota TNI AD dari Kodim 0728 dan para personel dari Satpol-PP Pemkab Wonogiri.

Sebelum pelaksanaan patroli skala besar dilaksanakan, terlebih dahulu digelar apel di halaman Mapolres Wonogiri, yang dipimpin oleh Wakapolres Wonogiri, Kompol Heru Sanusi. Ikut dilibatkan pula para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri.

Melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, Kapolres Wonogiri, AKBP Jarot Sungkowo, menyatakan, selain dilaksanakan oleh Polres Wonogiri, patroli skala besar juga dilakukan serentak di seluruh Polsek  se jajaran Wonogiri. Sasarannya, melakukan patroli dan razia ke tempat hiburan malam, yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Koramil

Untuk kegiatan di tingkat Polsek atau di tingkat Rayon, melibatkan para anggota TNI AD yang bertugas di Koramil dan aparat dari Kantor Kecamatan setempat.

Prioritas patroli skala besar kali ini, untuk melakukan pengecekan dan razia ke tempat-tempat hiburan malam yang ada di Kabupaten Wonogiri. Tujuannya, untuk mencegah kemunculan tindak kriminal, dan antisipasi peredaran minuman keras (miras) serta tindak penyalahgunaan narkoba. Petugas yang melakukan patroli, juga mencermati penggunaan knalpot brong.

Harapannya, dengan patroli skala besar tersebut, dapat berdampak pada terciptanya situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif. Sekaligus sebagai upaya meminimalisasi tindak kriminal, atau perbuatan yang berpotensi memunculkan gangguan Kamtibmas.

“Selama pelaksanaan patroli skala besar dilancarkan, tidak ditemukan adanya tindak pelanggaran dan perbuatan yang dapat memicu terjadinya gangguan Kamtibmas,” tegas AKP Anom Prabowo.(Bambang Pur)