PJs Bupati Pacitan Budi Sarwoto melakukan pemotongan tumpeng dalam peringatan HUT Ke-79 TNI Tanggal 5 Oktober 2024, yang upacaranya digelar di halaman Pendapa Kabupaten.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Tidak semua upacara memperingati HUT K2-79 TNI di tingkat kabupaten/kota, dapat dihadiri secara lengkap oleh unsur tiga matra. Tapi di Kabupaten Pacitan, Jatim, dapat dihadiri secara lengkap oleh unsur matra. Yakni TNI AD (Kodim 0801), TNI AL (Pangkalan Angkatan Laut atau Lanal Pacitan) dan TNI AU (Pangkalan Udara Pacitan).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, puncak peringatan peringatan HUT Ke-79 TNI dilaksanakan dengan menggelar upacara pada Hari Sabtu (5/10/24). Dalam upacara yang digelar di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan tersebut, Pjs Bupati Pacitan Budi Sarwoto, menyampaikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI yang bertugas di Kabupaten Pacitan. Yang atas dedikasinya, telah menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah, juga mendukung pembangunan di Pacitan sebagai Kabupaten yang berjuluk Paradise of Java.

Upacara dipimpin langsung Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol (Arh) Imam Musahirul, dengan peserta upacara dari unsur TNI tiga matra yang ada di Kabupaten Pacitan, beserta Polri, Satpol-PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka.

“Mari kita terus bersinergi, kuatkan persatuan dan kesatuan, majukan Indonesia, majukan Pacitan, menuju visi Pacitan yang sejahtera dan bahagia,” kata Pjs Bupati Pacitan Budi Sarwoto.

Lebih lanjut Budi Sarwoto mengatakan, TNI adalah simbol perjuangan. Tidak hanya di medan perang, namun juga berperan aktif dalam menangani berbagai permasalahan di masyarakat. Dalam kesempatan itu, Pjs Bupati berharap ada sinergitas semua pihak termasuk TNI, dalam mengawal Pilkada di Pacitan agar berjalan aman, damai dan kondusif.

Tumpeng

“Mohon bantuannya untuk mengawal masa kampanye agar Pacitan bisa aman, tertib dan kondusif. Mudah-mudahan Pilkada nanti menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan hati nurani rakyat,” imbuh Pjs Bupati Budi Sarwoto.

Dalam rangka memperingati HUT Ke-79 TNI, Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho beserta Pejabat Utama (PJU) Polres Pacitan, Jumat (4/10/24), melakukan aksi yang membuat surprise di jajaran TNI. Yakni menyerahkan tumpeng kenduri kepada tiga unsur satuan matra TNI di Kabupaten Pacitan.

Kapolres Agung Nugroho, mengapresiasi keterlibatan TNI dalam berbagai kegiatan sosial, untuk mendukung masyarakat di Kabupaten Pacitan. Termasuk dalam penanganan bencana alam dan kegiatan kemanusiaan lainnya. Kehadiran TNI bersama Polri di tengah masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman.

Kata Kapolres, TNI dan Polri tidak hanya bekerjasama di bidang keamanan, tapi juga dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan di bidang kemanusiaan. Sinergitas TNI-Polri akan terus ditingkatkan untuk melayani masyarakat.(Bambang Pur)