JEPARA(SUARABARU.ID) – Gerakan Pramuka SMP Negeri 1 Nalumsari melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjumsa) di sekolah. Kegiatan yang digelar pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2024 ini merupakan agenda tahunan dalam rangka penerimaan dan penyambutan anggota Penggalang baru, yaitu peserta didik baru SMP Negeri 1 Nalumsari tahun ajaran 2024/2025.

Kepala sekolah sekaligus Kamabigus SMPN 1 Nalumsari Basuki, S.Pd., M.Pd. mengatakan, perkalemahan ini diikuti oleh seluruh guru sebagai pembina pramuka, tenaga kependidikan, serta siswa kelas 7, 8, dan 9.

“Kami tempatkan sebagai wadah untuk membentuk karakter siswa, terutama untuk melatih kedisiplinan, kemandirian, dan tanggung jawab sesuai nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma Pramuka. Agenda ini kami gabung dengan pelaksanaan Projek P5 yaitu Bangun Jiwa Raga,” katanya.

Sebelumnya, anak-anak telah dilatih mendirikan tenda dan berbagai materi keterampilan kepramukaan. Materi ini juga dijadikan sebagai mata lomba perkemahan. meliputi peraturan baris berbaris, menyambung tongkat, bivak, P3K, tali temali, dan memasak bertema Empat Sehat Lima Sempurna, dengan bahan dasar yang mudah didapat. Mata lomba keterampilan kepramukaan juga dilaksanakan pada kegiatan hiking mengitari lingkungan sekolah di Desa Ngetuk dan Bategede, Nalumsari.

Basuki pada upacara pembukaan menyampaikan, perkemahan ini bertujuan sebagai sarana pendisplinan dan melatih siswa untuk mandiri dalam mempersiapkan kehidupannya. Dia berharap, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk lebih mempererat tali persaudaraan antarsiswa dari semua tingkatan kelas.

Acara puncak Perjumsa berupa api unggun dilanjutkan dengan pentas seni, lomba, dan renungan malam. Pembina Pramuka Muhammad Sholichin, S.Pd., M.Pd. saat memberi sambutan pada acara api unggun menyampaikan amanat seperti peribahasa Jawa ajining dhiri jalaran saka lathi, ajining raga jalaran saka busana. Artinya, harga diri seseorang ditentukan oleh ucapannya. Sedangkan kehormatan seseorang ditentukan oleh busananya.

“Siswa sebagai anak didik Pramuka seyogianya selalu berkata yang baik dan berpakaian yang sopan di sekolah maupun di masyarakat,” katanya.

Acara hari kedua dimulai dari salat subuh berjemaah, senam pagi, sarapan pagi, penilaian Projek P5 yaitu senam Pelajar Pancasila, evaluasi, dan upacara penutup.

Dalam upacara penutupan Sukamit, S.Pd., M.Pd. Wakil Kepala Sekolah sekaligus sebagai Wakamabigus SMPN 1 Nalumsari memimpin deklarasi anti perundungan yang dikuti oleh seluruh siswa. Dia juga mengajak para peserta untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan di masyarakat. Dengan kebersihan dan kerapian lingkungan, suasana belajar mengajar akan nyaman sehingga pelajaran yang disampaikan guru mudah diserap oleh siswa. Setelah kegiatan selesai, lingkungan sekolah dibersihkan bersama-sama.

Setelah penutupan dilanjutkan dengan penerimaan hadiah yang disampaikan kepada para regu yang menjuarai mata lomba perjumsa dipimpin oleh Pembina OSIS Widi Wicaksono, S.Pd. Guru yang juga Ketua Perjumsa dalam pengantarnya saat penerimaan hadiah menyebut, salah satu acara yang paling berkesan bagi para siswa adalah Wide Games. Wide Games melatih para siswa untuk saling berkeja sama. Api unggun juga menjadi acara yang cukup berkesan karena para siswa menampilkan kreativitas masing-masing regu. Rangkaian seluruh acara Perjumsa diakhiri dengan bernyanyi Sayonara bersama.

Hadepe  – Ichin