Kapolres AKBP Jarot Sungkowo (kedua dari kiri) memberikan jabat tangan kepada Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono (kedua dari kanan) untuk menyampaikan ucapan HUT Ke-79 TNI. Ikut mendampingi, Kasdim dan Wakapolres.(Humas Polres Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Puluhan personel polisi dari Polres Wonogiri, Sabtu (5/10/24), melakukan aksi menggeruduk ke markas TNI Kodim 0728 Wonogiri. Aksi yang dipimpin Kapolres AKBP Jarot Sungkowo ini, dilakukan untuk memberikan surprise dalam menyampaikan ucapan HUT Ke-79 TNI Tanggal 5 Oktober 2024.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, polisi yang melakukan aksi menggeruduk Markas TNI di Kodim 0728 Wonogiri tersebut, membawa serta bingkisan kue tart ulang tahun dan tumpeng kenduri. ”Ini dilakukan sebagai pelengkap untuk menyampakian ucapan selamat HUT Ke-79 TNI,” jelas AKP Anom Prabowo.

Rombongan polisi yang melakukan aksi menggeruduk ke markas TNI ini, diterima oleh Dandim 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Edy Ristriyono bersama para Perwira di Makodim 0728 Wonogiri. Mereka diterima dengan akrab, penuh persahabatan bernuansa kebersamaan, yang dibingkai dalam eratnya jalinan sinergitas TNI-Polri.

Kapolres AKBP Jarot Sungkowo, menegaskan, kebersamaan dalam jalinan sinergitas TNI-Polri, memberikan arti penting dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Khususnya, menjelang Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Wonogiri.

Sebagai simbol solidaritas, dilakukan prosesi ritual pemotongan tumpeng dan pengirisan kue tart, yang diserahkan oleh Kapolres AKBP Jarot Sungkowo ke Letkol (Inf) Edi Ristritoyo sebagai orang pertama TNI di Kabupaten Wonogiri. Dilanjut dengan saling berjabat tangan. Aksi ini, jelas AKP Anom Prabowo, secara serentak diikuti oleh para Kapolsek se jajaran, yang mendatangi ke Markas Koramil se Kabupaten Wonogiri.

Mildred Hill

Ucapan selamat yang diberikan oleh Polres Wonogiri dan jajarannya ini,  menegaskan apresiasi Polri terhadap dedikasi dan pengabdian TNI kepada bangsa dan negara. Kegiatan ini mencerminkan komitmen kuat antara TNI dan Polri, dalam membangun jalinan sinergitas demi menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Ritual potong tumpeng dan prosesi pengirisan kue tart, diiringi dengan menyanyi bersama-sama mendendangkan Lagu Happy Birthday to You. Yakni lagu yang selalu dinyanyikan bersama-sama dengan suara gembira, dalam setiap ada perayaan ulang tahun.

Tahukah siapa pencipta lagu populer ini ? Lagu Happy Birthday to You diciptakan sejak 1893. Awalnya berjudul Good Morning to All, diciptakan oleh Mildred Hill, seorang Guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

Mildred Hill, lahir pada Tanggal 27 Juni 1859 dan bekerja sebagai guru TK, berprofesi sebagai penulis lagu dan pendiri Association For the Education of Young Children (NAEYC), yakni sebuah asisoasi pendidikan anak usia dini di Amerika Serikat.
Awalnya, Lagu Good Morning to All yang diciptakan Mildred itu khusus untuk menyambut murid-murid setiap pagi yang datang ke sekolah. Lagu ini kemudian mendunia menjadi nyanyian Happy Birthday to Your yang populer di jagad raya. Bahkan sudah diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan lagu anak di Amerika Serikat.(Bambang Pur)