Para Badal dan Mursyid Thariqah KH Ahmad Chalwani di Kebumen mendukung pasangan Arif-Rista, Rabu 2/10.(Foto:SB/Hms Arif-Rista)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Para Badal dan Mursyid Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah KH Achmad Chalwani Berjan, Purworejo, yang ada di Kebumen menyatakan dukungannya kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) selaku petahana.

Muhammad Lutfi, Mursyid Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah KH Chalwani mengungkapkan alasan para badal dan mursyid thariqah mendukung Arif-Rista. Kedua pemimpin ini merupakan kader NU. Terlebih Arif Sugiyanto merupakan pengurus PWNU Jateng dan sangat dekat dengan para kiai NU.

“Sedangkan thariqah adalah jalan ibadah yang dipegang dan diamalkan oleh para warga NU. Maka kita pun ikut memberikan dukungan kepada calon pemimpin yang berkomitmen terhadap NU,”ujarnya di rumah makan Jalan Lingkar Selatan Rabu (2/10).

Sebagai murid dari KH Chalwani, dirinya bersama para badalnya akan patuh pada dawuh Kiai, di mana KH Chalwani pun memberikan doa dan dukungan untuk kemenangan Arif-Rista.”Maka sudah sepatutnya kita para badal ikut dawuh Kiai,”tandasnya.

Cabup Arif Sugiyanto bersalaman dengan para kiai yang merupakan badal dan mursyid thariqah KH Ahmad Chalwani, Rabu 2/10.(Foto:SB/Hms Arif Rista)

Ia pun mengimbau kepada seluruh badal KH Chalwani di Kebumen yang mencapai ribuan untuk bersama-sama mendukung Arif-Rista. Ia menilai sosok Arif telah terbukti bekerja nyata dalam membangun Kebumen.”Yang pasti beliau sangat berhatian terhadap NU dan dunia pesantren.”

Sementara itu, Arif Sugiyanto cabup nomor urut 02 mengaku bangga dan terhormat bisa mendapat doa dan dukungan dari para badal KH Chalwani. Dukungan ini menambah semangat dan optimisme untuk kembali memimpin Kebumen lebih baik.

Arif berjanji program untuk santri dan pesantren akan terus dikuatkan. Salah satunya adalah pemberian beasiswa kepada para santri.

Dirinya menargetkan seluruh santri di Kabupaten Kebumen sampai 2029 bisa mendapatkan beasiswa gratis di pondok pesantren.

“Termasuk warga Kebumen yang mondok di Berjan, tentunya akan kita perhatikan,”jelas Arif yang hadir didampingi Ristawati Purwaningsih dan mantan Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Moh Dawamudin Masdar.

Komper Wardopo