Dua pemain naturalisasi baru yang disiapkan untuk laga melawan Bahrain dan Cina, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, saat diperkenalkan dengan rekan setim lainnya. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, dengan kedatangan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Timnas Indonesia harus bisa meraih poin saat melakoni laga tandang di Bahrain dan Cina, Oktober ini.

Kepastian dua amunisi baru itu bisa memperkuat timnas terjadi, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, usai FIFA menyatakan kedua pemain memenuhi syarat (eligible), untuk bermain mewakili PSSI.

”Jangan anggap ketika lawan Australia, Jepang atau tim lain, timnas kita diposisikan sebagai lawan yang seimbang. Peringkat FIFA menyatakan perbedaan itu. Karena kita underdog, maka target saya dengan hadirnya Mees dan Eliano, kita harus meraih poin saat pertandingan tandang di Bahrain dan Cina nanti,” ujar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

BACA JUGA: Tiga Atlet USM Raih 1 Emas, 2 Perak di Pati Combat Sport

Menurut dia, target mengumpulkan 15 poin dalam 10 laga di Grup C, pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, merupakan tugas yang tidak mudah. Hal itu karena posisi Indonesia sebagai underdog.

Saat ini, Jay Idzes dkk menempati posisi keempat di klasemen sementara Grup C, dengan meraih dua poin dari hasil imbang melawan Arab Saudi 1-1, dan Australia 0-0. Bahrain berada di posisi ketiga dengan tiga poin, dan Cina berada didasar klasemen dengan poin nol, setelah mengalami dua kali kalah dari Jepang dan Arab Saudi.

”Ketika timnas mampu bersaing dengan negara-negara kuat di Asia, masyarakat kita bangga dengan sepakbola yang mampu menaikkan martabat Indonesia. Dukungan ini yang saya harapkan hadir langsung di Bahrain dan Cina nanti,” harap Erick.

BACA JUGA: Di Muladi Dome Undip, Daftar 6 Merek Mobil Tampil Perdana di GIIAS Semarang 2024

Sementara itu, Shin Tae-yong, telah mengumumkan 27 nama untuk menghadapi Bahrain Kamis (10/10/2024) dan Cina Selasa (15/10/2024). Dari 27 pemain yang dipanggil itu, Jordi Amat yang baru saja kembali dari cedera, kembali mendapatkan panggilan. Namun tak ada nama bek Wolverhampton, Justin Hubner, yang dikabarkan sedang mengalami cedera.

Dua amunisi baru Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, juga sudah disiapkan. Bukan tak mungkin, salah satu dari mereka ataupun keduanya, mendapatkan kesempatan menjalani debut di dua pertandingan itu.

Timnas Indonesia:
Penjaga Gawang:
Ernando Ari (Persebaya)
Nadeo Argawinata (Borneo FC)
Maarten Paes (FC Dallas)

Belakang:
Jay Idzes (Venezia)
Jordi Amat (JDT)
Mees Hilgers (FC Twente)
Rizky Ridho (Persija)
Muhammad Ferarri (Persija)
Wahyu Prasetyo (Malut United)
Calvin Verdonk (NEC Nijmegen)
Pratama Arhan (Suwon FC)
Shayne Pattynama (KAS Eupen)
Sandy Walsh (KV Mechelen)
Asnawi Mangkualam (Port FC)
Eliano Reijnders (PEC Zwolle)

Tengah:
Thom Haye (Almere City)
Nathan Tjoe-A-On (Swansea City)
Ivar Jenner (FC Utrecht)
Ricky Kambuaya (Dewa United)

Depan:
Ragnar Oratmangoen (FCV Dender)
Marselino Ferdinan (Oxford United)
Witan Sulaeman (Persija)
Egy Maulana (Dewa United)
Malik Risaldi (Persebaya)
Rafael Struick (Brisbane Roar)
Dimas Drajad (Persib)
Hokky Caraka (PSS)

Riyan