Goweser dari berbagai club sepeda Blora Rembang dan Bojonegoro, ikuti Gobar Anniversary BMC 10th. Minggu, 29 September 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora
𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Salah satu komunitas sepeda MTB di Kabupaten Blora adalah Club Gowes ‘Blora Mountainbike Community’ (BMC) yang telah terbentuk sepuluh tahun lalu, Minggu hari ini merayakan hari jadinya dengan tema ‘Gobar Anniversary BMC 10th’ aktifitas klub yang selalu identik yaitu dengan gowes bareng.
Giwes bareng mengeksplore tempat wisata yang kali ini di wisata Embung Kulur diatas Bukit Desa Nglangitan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Minggu, (29/9/2024).
Kegiatan ini sedikit unik, yang biasanya selalu mengendarai sepeda MTB ke jalur perbukitan, namun kali ini kegiatan dilakukan start dimulai dari halaman  selepan Gunung Lawu, kelurahan Tegalgunung, pukul 07.00 WIB., kearah utara menuju jalur track wisata desa Nglangitan yakni embung kulur, menyusuri desa Sitirejo, Baksari dan Ngantulan, finish di halaman selepan Gunung Lawu, Kelurahan Tegalgunung.
Ketua Komunitas BMC Kabupaten Blora, Sulistyono  menyampaikan bahwa start finish dari selepan Gunung Lawu, kelurahan Tegalgunung.
“Mereka gowes bareng, dari  Tegalgunung ke Nglangitan,  jalur perbukitan, dengan santai sambil menikmati indahnya  pemandangan yang bagus, dan melihat dari dekat embung Kulur,” ujar Sulistyono.
Peserta Gobar Anniversary BMC 10th ini, lanjut Sulistyono, ada dari club sepeda kecamatan Randublatung Cepu dan Todanan, di samping itu dari berbagai club sepeda kabupaten tetangga, yakni Kabupaten Rembang Pati, dan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.
Mereka datang dan mengikuti acara untuk meningkatkan kekompakan antar goweser dan kangen kangenan gowes di track Nglangitan.
“Banyak yang loading sepeda pakai colt tepak, dari kabupaten Bojonegoro dan kabupaten Rembang,” ucap Sulistyono Ketua Komunitas BMC Blora.
Pada kesempatan itu, salah satu peserta dari perumnas Nglawiyan, Kelurahan Karangjati, Arif Mas Ibo mengaku agak berat jalur sepeda ‘Gobar Anniversary BMC 10th’ ini, menurutnya  BMC memang rutin gowes di bukit Nglangitan.
“Panitiane hebat ini, jalur gowes barenge jalannya banyak yang terjal, sebetulnya dekat tapi karena jalannya asyik jadi luar biasa, mantab,” kata Arif Mas Ibo sambil mengepalkan tangannya.
Sementara itu, goweser dari Bojonegoro, JokerCC menyampaikan ini jalur track gowes yang enak, karena ada tanjakan juga ada turunan, sehingga perlu perhitungan tenaga para goweser.
“Track menantang, jalurnya berkelok, banyak tanjakan walaupun ada juga jalur turun, pemandangan bukitnya juga bagus,” jelas JokerCC.
Rute Gowes Bareng  Anniversary BMC 10th, sekira 17 kilometer, start halaman selepan Gunung Lawu, kelurahan Tegalgunung; keutara menuju desa Nglangitan Kecamatan Tunjungan; bukit/tebing Langitan; tempat wisata embung Kulur; bukit/tebing Sitirejo; pertigaan Siti; SD Nglangitan 2; Krabyakan; dan finish di halaman selepan Gunung Lawu, kelurahan Tegalgunung.
Kudnadi Saputro