Peserta menyimak pemaparan Faiq Hidayat S.Pd, tentang fitur E-Perpus SDN 5 Cepogo

JEPARA (SUARABARU.ID) – SDN 5 Cepogo merupakan sekolah dasar yang terletak di Dukuh Bayang, Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Berbekal hasil evaluasi pembelajaran tahun sebelumnya, hasil rapot pendidikan berbasis data, serta kesepakatan semua warga sekolah, SD Negeri 5 Cepogo kembali berbenah. Kurangnya fasilitas sarana prasarana sekolah tidak boleh memupus semangat untuk mewujudkan impian bersama anak bangsa. Salah satunya pengembangan perpustakaan digital.

Pengembangan perpustakaan digital dimaksudkan untuk meningkatkan literasi, meragamkan sumber belajar serta sebagai wadah kreativitas bagi guru dan siswa. Perpustakaan digital sebelumnya hanya digunakan untuk literasi kelas, masih memiliki fitur searah dan terbatas. Pada tahun ini dikembangkan sebagai program sekolah, fitur-fitur yang lebih beragam dan adanya fitur dua arah sebagai kolom diskusi.

Peserta menyimak dengan antusias materi Sekolah Menyenangkan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peluncuran E-Perpus SDN 5 Cepogo

Pada tanggal  2 Juli 2024 lalu, di ruang kelas 6 tim pengembang pembelajaran memperkenalkan e-perpus SDN 5 Cepogo. Pada momen itu hadir Tri Kurniawan sebagai ketua komite didampingi wakil komite, segenap bapak/ibu guru dari setiap sekolah se Dabin 4.

Selain kegiatan launching e-perpus SDN 5 Cepogo juga diisi dengan seminar Gerakan Sekolah Menyenangkan dengan narasumber Dafit Ariyanta, S.T., M.Kom. Nuansa sederhana pada kegiatan ini berjalan lancar dan mendapat dukungan penuh dari pengawas Dabin 4, ketua Dabin, dan banyak pihak. Peserta antuasias dan aktif mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

“Launcing e-perpus ini menjadi tantangan baru bagi guru dan siswa terutama komitme terhadap kebermafaatannya meskipun hanya memiliki 4 leptop saya salut dengan bapak/ibu guru yang memiliki semangat dan optimis yang luar biasa” jelas Budi Prihartini Kepala SDN 5 Cepogo.

“Semenjak menjadi komite, baru kali ini kami diajak untuk menyusun program sekolah sekaligus berperan serta di dalamnya. Kami merasa senang bisa merasakan langsung kegiatan sekolah. Semoga sekolah ini lebih maju lagi”, jelas Hartoyo, wakil komite.

Sementara Amalia Ayu Sabrina peserta kegiatan dari SD Negeri 3 Cepogo menjelaskan perlu mengadopsi e-perpus SDN 5 Cepogo, materi seminar gerakan sekolah menyenangkan juga memberikan kesadaran untuk merancang pembelajaran yang menyenangkan, karena guru adalah kurikulum itu sendiri.

Hadepe