Sejumlah dosen, staf dan mahasiswa USM, belum lama ini mengikuti kegiatan donor darah, yang dilaksanakan di Auditorium Ir Widjatmoko. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM), belum lama ini menggelar kegiatan donor darah, yang dilaksanakan di Auditorium Ir Widjatmoko, kampus setempat, Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang.

Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan PMI Jateng itu, diikuti puluhan dosen, staf administrasi, dan mahasiswa USM.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, tujuan kegiatan ini, untuk membantu sesama yang membutuhkan darah, dan menyelamatkan nyawa. Donor darah juga merupakan wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan.

BACA JUGA: Kakanwil Tejo Harwanto Resmikan Masjid Darul Istiqomah Rutan Kelas I Semarang

”Donor darah juga memiliki manfaat bagi kesehatan pendonor. Di antaranya menurunkan risiko kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, terutama pada laki-laki, menjaga kesehatan emosi, mengurangi stres, dan menghilangkan perasaan negatif,” katanya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin, yang digelar setuap enam bulan sekali.

”Kami berterima kasih kepada PMI, UKM PMI USM, para dosen dan mahasiswa USM, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Riyan