Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto meresmikan Masjid Darul Istiqomah Rutan Kelas I Semarang dengan penandatanganan prasasti. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah,Tejo Harwanto meresmikan Masjid Darul Istiqomah Rutan Kelas I Semarang, Selasa (24/9/2024).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng dan pemotongan pita.

Hadir dalam peresmian itu, Kepala Divisi Administrasi, Anton Edward Wardhana, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kadiyono, Pejabat Administrasi Kemenkumham Jateng dan sejumlah Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se eks Karesidenan Semarang.

Menurut Kakanwil, masjid sebagai rumah Allah SWT, bisa difungsikan lebih dari sekedar untuk melaksanakan salat berjamaah. “Masjid itu tempat ibadah. Yang dinilai ibadah itu bukan salat saja, bukan ngaji saja. Bisa juga sebagai wadah transfer pengetahuan,” ujar Tejo.

“Jadi fungsi masjid itu luas, bisa untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Termasuk di Rutan ini, karena sarana prasarana terbatas, masjid ini bisa untuk pertemuan, memberikan pembinaan kepribadian,” tambahnya.

Pembinaan kepribadian, menurut Tejo, akan berdampak besar pada kondusivitas Rutan Semarang. “Karena pengaruh, dampak terhadap keberhasilan pembinaan kepribadian itu akan berdampak terhadap keamanan, ketertiban, kebersihan lalu kenyamanan,” terang Tejo.

“Walaupun terbatas tapi jika memang masing-masing baik petugas maupun warga binaan dapat mengoptimalkannya, mereka bahagia, dan tidak akan timbul hal-hal yang memang menjadi kontra produktif terhadap aturan yang berlaku. Mari kita manfaatkan masjid ini untuk tempat merenung, mengadu kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jadikan tempat ini sebagai tempat curhat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” imbuhnya.

Masih dalam suasana Maulid Nabi Muhammad SAW, Kakanwil Tejo mengajak jajaran untuk meneladani sikap-sikap mulia dari Rasulullah.

Ning S