Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho memeriksa pasukan pada apel pengecekan pasukan respons cepat atau power on hand (POH) di halaman Mapolres, Senin (23/9) 2024.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen menggelar kegiatan apel pengecekan pasukan respons cepat atau power on hand (POH) Kapolda Jateng dan POH Kapolres Kebumen, di halaman Mapolres, Senin (23/9) 2024.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho mengungkapkan, pasukan reaksi cepat atau POH Kapolda Jateng yang telah dibentuk harus siap digerakkan ke seluruh wilayah di Jawa Tengah.

Dengan kata lain, pasukan tersebut akan bergabung dengan Polres lain di bawah Polda Jawa Tengah, jika situasi membutuhkan.

“Power on hand Kapolda merupakan perkuatan yang disiapkan oleh Polres jajaran. Semua perintahnya ada dari Bapak Kapolda untuk pergerakan pasukannya,”jelas AKBP Recky.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho memberi pengarahan kepada pasukan reaksi cepat atau power on hand, Senin 23/9.(Foto:SB/Humas Polres)

Menurut Kapolres Kebumen, apel power on hand penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan anggota, serta antisipasi sedini mungkin terhadap segala kejadian gangguan Kamtibmas di Jawa Tengah.

Di sisi lain, selain POH Kapolda Jateng, Polres Kebumen juga memiliki POH Kapolres Kebumen. Meski sering dikatakan landai, situasi di Kebumen harus benar-benar diwaspadai di antaranya melalui pembentukan pasukan POH Kapolres Kebumen.

Menurut AKBP Recky, di Kabupaten Kebumen dinamika situasi Kamtibmas dapat berubah sangat cepat, sehingga perlu dilakukan antisipasi sedini mungkin.

Pergelaran apel yang dilaksanakan diharapkan menjadi antisipasi awal kepolisian dalam hal pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat di Kebumen.

“Ada potensi yang jika tidak kita kelola dengan baik, akan menjadi sebuah ledakan sehingga kita harus siap pada situasi apa pun. Beberapa fenomena yang ada di Kebumen harus kita analisis,”imbuh Kapolres.

Power on Hand yang dilaksanakan di Polres Kebumen, diharapkan menjadi optimalisasi personel yang siap digerakkan.

Sementara Kabagops Polres Kebumen Kompol Setiyoko menambahkan, jumlah personel yang dilibatkan dalam Power on Hand Kapolda Jateng sebanyak 90 personel, sedangkan jumlah personel Power on Hand Kapolres Kebumen sebanyak 128 personel.

Personel yang dilibatkan merupakan gabungan dari seluruh fungsi dan personel Polsek jajaran. Personel yang dilibatkan sebagai pasukan power on hand juga memiliki kriteria dan pelatihan khusus. Di antaranya harus siap diri, siap fisik, siap keterampilan, serta siap peralatan.

“Harapan kami, personel yang telah ditunjuk bisa bertugas maksimal dan mengetahui tugasnya masing-masing. Karena personel telah diploting dengan tugas masing-masing,”ujar Kompol Setiyoko.

Setelah pelaksanaan apel gelar, Kapolres Kebumen beserta para pejabat utama Polres  melakukan pengecekan seluruh personel serta pengecekan kepada kendaraan patroli.

Komper Wardopop