Ketum KONI Jateng, Bona Ventura (kiri), langsung memberikan bonus uang sebesar Rp 10 juta, kepada trio karateka yang mendapatkan emas. Foto: dok/konijateng

DELI SERDANG (SUARABARU.ID)– Trio karateka Jawa Tengah yang berlaga di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Detrina Sabda Nugraha, Christopher Edbert Setiabudi, dan Agyvan Rizky Pradana, berhasil mempersembahkan medali emas di nomor Kata Beregu Putra

Raihan terbaik itu mereka dapatkan, saat berlaga di GOR Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Deli Serdang, Selasa (17/9/2024). Karateka Jateng itu mengungguli Banten yang diperkuat Nicky Hardiana Caesar, Abyan Al Fadhil, dan Rahmatullah Bagus Putra. Untuk perunggu diraih tuan rumah Sumatera Utara dan DKI Jakarta.

Di nomor Kata Beregu Putri, Jateng hanya meraih medali perunggu, Medali emas di nomor ini diraih trio DKI Jakarta, dan perak oleh karateka Sulawesi Selatan. Jateng sendiri mendapat tambahan medali perunggu dari karateka Hera Irnandha, pada nomor Kumite kelas 68 kg putri.

BACA JUGA: Dilantik Dirjen AHU, MPWN Jawa Tengah Siap Awasi dan Membina Kinerja Notaris

Manajer Karate Jateng, Bambang Wiryawan menyatakan rasa syukurnya dengan perolehan satu emas, karena sudah sesuai target yang ditetapkan KONI Jateng. Menurutnya, medali emas ini didapatkannya, usai menanti selama 16 tahun lamanya. Cabor Karate terakhir meraih emas pada PON 2008 di Kalimantan Timur.

”Target saya hanya satu emas dan satu perunggu. Tetapi ternyata sudah dapat satu emas serta tiga perunggu. Medali emas ini tidak diprediksi sebelumnya, karena mereka baru dibentuk tiga bulan sebelum pelaksanaan PON 2024,” kata dia usai laga.

Riyan