Kelenteng Tay Kak Sie juga dikenal sebagai Kelenteng Gang Lombok, karena berada di Jalan Gang Lombok, Kota Semarang. Foto: Disbudpar Kta Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kelenteng Tay Kak Sie menggelar perayaan Tiong Jiu atau perayaan terima kasih berupa sedekah kepada Dewa Bumi yang diikuti oleh segenap warga keturunan Tionghoa di Kota Semarang, Selasa 17 September 2024.

Kelenteng Tay Kak Sie atau yang juga dikenal sebagai Kelenteng Gang Lombok merupakan bangunan tempat ibadah bersejarah, yang dibangun tahun 1746. Ini merupakan salah satu destinasi wisata religi yang ada di Kota Semarang, khususnya untuk umat Tao, Buddha, dan Konghucu.

Selain dihadiri warga keturunan, beberapa tokoh lintas agama serta sejumlah perwakilan warga masyarakat juga turut hadir dalam perayaan tersebut. Termasuk di antaranya pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Agustina Wilujeng dan Iswar Aminuddin.

“Perayaan Tiong Jiu ini merupakan perayaan hari berterima kasih sekaligus sedekah kepada dewa bumi. Sebenarnya, penyelenggara kegiatan kali ini adalah kelenteng tertua di Kota Semarang yakni Kelenteng Siu Hok Bio,” kata Kepala Operasional Klenteng Tay Kak Sie, Andre Wahyudi.

Andre dalam kesempatan tersebut menjelaskan, dalam perayaan kepada dewa bumi kali ini pihak panitia menampilkan rumah-rumahan yang ditandu oleh umat yang berisi tokoh dewa bumi, beserta para pengawalnya lengkap dengan hewan harimau.

“Kami berterima kasih kepada segenap warga masyarakat dan Pemerintah Kota Semarang yang telah mendukung perayaan ini sehingga bisa menjadi tradisi rutin yang bisa diselenggarakan setiap tahun,” katanya.