Ratusan pelajar SMK Muhammadiyah Wuryantoro, Wonogiri, menjalani pelatihan PBB dalam upaya membentuk sikap disiplin dan rasa bertanggungjawab.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kedisiplinan, menjadi latihan awal bagi para siswa untuk bela negara. Demikian disampaikan Serda Anjarudin dari Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri, saat memberikan gemblengan kepada para siswa SMK Muhmmadiyah Wuryantoro.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, ratusan siswa SMK Muhammadiyah Wuryantoro, menjalani pelatihan dalam upaya membetuk sikap disiplin, sebagai usaha membangun karakter pelajar. Agar memiliki loyalitas, kompak dan mempunyai kepedulian terhadap rasa persatuan serta rasa tanggung jawab sejak dini.

Untuk memberikan pelatihan, Koramil 10/Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri menurunkan Tim Instruktur sebanyak 9 personel TNI yang dipimpin Serma Anjarudin. Kepada para siswa diberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Serma Anjarudin, menyatakan,  pelatihan PBB menjadi wujud latihan pisik, guna menanamkan kebiasaan berdisiplin. Utamanya pada kehidupan pelajar, untuk kemudian diarahkan kepada terbentuknya perilaku seseorang agar memiliki disiplin. “Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah, untuk mengenal kedisiplinan dan menjadi latihan awal untuk bela negara,” tandasnya.

Dengan dilatihkannya PBB, para siswa nantinya diharapkan mampu menumbuhkan sikap disiplin, yang dapat diterapkan di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Juga bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh, serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.

Serma Anjarudin, menambahkan, pelatihan ini menjadi wujud kepedulian Koramil-10/Wuryantoro terhadap lingkungan pendidikan. Juga menjadi bentuk tanggung jawab TNI khususnya TNI-AD, dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.(Bambang Pur)