Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih pada Apel Bhakti dan Pengukuhan BPD di halaman Pendopo Kabumian, baru-baru ini.(Foto:SB/Prokopim Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mendekati masa pendaftaran calon kepala daerah pada 27 Agustus 2024, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih memastikan bakal kembali mencalonkan diri pada Pilkada November 2024 mendatang.

Kepastian itu ia sampaikan setelah dirinya menyebut memperoleh rekomendasi dari sejumlah partai politik. Mulai PDI Perjuangan, PPP, Golkar, PAN dan PKS, dengan perolehan total 23 kursi di DPRD.

“Terkait rekom, Alhamdulillah sudah lebih dari cukup, sejumlah partai sudah memberikan dukungan ke kami (Arif-Rista) untuk kembali maju sebagai calon bupati dan wakil bupati dengan total perolehan 23 kursi,”ujar Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Kamis (22/8).

Dari Pemilu Legislatif 2024 untuk DPRD Kebumen, PDIP meraih 11 kursi, PPP 4 kursi, PAN 3 kursi, Golkar 3 kursi, dan PKS 2 kursi. Dengan mendapat dukungan dari lima partai tersebut, Bupati menyampaikan terima kasih karena diberikan amanah untuk kembali maju sebagai calon bupati.

“Tentu kami sampaikan terima kasih, kepada semua parpol yang telah memberikan dukungan kepada kami untuk kembali maju sebagai calon bupati dan wakil bupati. Amanah ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bisa membangun Kebumen lebih baik, Kebumen yang PASTI,”paparnya.

Menurut Bupati, isitlah PASTI yang dimaksud adalah “Progeresif, Agamis, Sejahtera, Transparan, dan Inovatif.” Tagline ini merupakan sebuah cita-cita atau harapan bagi pasangan Arif-Rista dalam mewujudkan Kebumen yang lebih baik lagi selama lima tahun mendatang.

Menyinggung langkah setelah mendapat dukungan dari sejumlah parpol, pihaknya bakal menggelar deklarasi bersama. Namun untuk waktu dan tempatnya belum bisa ditentukan. Bupati hanya berharap gelaran Pilkada bisa berlangsung dengan aman dan lancar, dan meminta masyarakat agar guyub rukun.

“Kita harus menyambut pesta demokrasi ini dengan riang gembira, masyarakat harus tetap tenang, guyub rukun meski beda pilihan politik. Guyub rukun adalah ciri dari masyarakat kita yang demokratis, menerima setiap perbedaan yang ada,”terang dia.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya menjalin komunikasi dengan partai-partai lain dengan susana yang cukup cair. Ini sebagai modal untuk membangun daerah dengan semangat  kebersamaan dan melanjutkan pembangunan di Kebumen supaya lebih baik.

Komper Wardopo