SALATIGA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana ingin hari jadi ke-79 Provinsi Jateng yang jatuh pada 19 Agustus 2024 dijadikan momentum intropeksi dan evaluasi kinerja pemerintahan.

“Selalu berintrospeksi diri dan mengevaluasi kinerja yang sudah kita lakukan,” kata Nana Sudjana saat ditemui usai menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi ke-79 Jateng di Lapangan Pancasila, Kota Salatiga, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Dia menggarisbawahi, Pemprov Jateng harus terus bekerja untuk kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data, perekonomian Jawa Tengah pada Triwulan II 2024 tumbuh positif sebesar 4,92% secara year on year (y-on-y). Inflasi secara y-on-y terkendali dengan baik di angka 1,86% pada Bulan Juli 2024.

Angka kemiskinan ekstrem juga turun, dari 1,97% di tahun 2022 menjadi 1,11% pada tahun 2023. Angka pengangguran Jawa Tengah mengalami penurunan dari sebesar 5,13% pada Agustus 2023 menjadi 4,39% pada Februari 2024.

Malihat hal itu, dia bilang, masih banyak ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan. Nana berharap kemajuan Jateng di masa mendatang, sejalan dengan tema ulang tahun ke 79 yakni Maju Gemilang.

Dikatakan Nana, dalam membangun pemerintah agar bisa meju gemilang, perlu adanya kebersamaan dan sinergitas dari banyak pihak.

Salah seorang pelajar SMA Negeri 1 Salatiga, Ratih berharap,  Jawa Tengah bisa memberi ruang bagi siswa-siswi untuk mengekspresikan bakat dan minatnya untuk membantu mereka menggapai masa depan.

Sebagai informasi, perayaan ulang tahun Jateng dipusatkan di Kota Salatiga. Berbagai kegiatan dipersembahkan kepada masyarakat. Antara lain bakti sosial, pameran UMKM, pagelaran wayang kulit, lomba band, Jateng Bersholawat, fun run dan konser musik.

Diaz Abidin