Kepala sekolah dan dewan guru SDN 3 Tubanan, foto Estitu

JEPARA (SUARABARU.ID) – Semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke- 79 Republik Indonesia diperingati seluruh penjuru baik masyarakat kota mau pun desa. Masyarakat berpartisipasi memperingati kemerdekaan dengan berbagai kegiatan.

Demikian juga SD Negeri 3 Tubanan (Estitu) pada hari Senin, 19 Agustus 2024 menggelar kegiatan karnaval budaya dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju.

Karnaval kemerdekaan terselenggara berkat adanya kerjasama semua warga sekolah, dan diikuti oleh kepala sekolah, dewan guru/ karyawan, komite, murid, wali murid dan masyarakat. Karnaval SD Negeri 3 Tubanan dimeriahkan oleh Grup Drumband Estitu dengan peserta dari kelas 4 dan 5.

Peserta karnaval dengan kostum beragam, foto Estitu

“Terima kasih atas dukungan dan partisipasi kepada semua pihak ( komite, dewan guru/ karyawan, murid, wali murid, dan masyarakat),” ucap Rissetyaning, S.Pd.SD selaku Kepala SD Negeri 3 Tubanan.

“Sebagai generasi penerus bangsa kita harus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif,” tambahnya.

Pembukaan karnaval oleh ketua komite SD Negeri 3 Tubanan Sunarto, “Dengan membaca Bismillah … karnaval SD Negeri 3 Tubanan dibuka dan berjalan mengelilingi jalan dukuh Duren desa Tubanan.”

Grup drumband dan peserta karnaval, foto Estitu

Karnaval diiringi grup Drumband Estitu dengan mengumandangkan lagu- lagu nasional, peserta berjalan dan bernyanyi dengan semangat kemerdekaan. Penampilan peserta karnaval beragam ada kostum berbagai macam profesi, adat, kostum unik Garuda dan kupu- kupu, serta kostum lainnya. Keberagaman penampilan peserta karnaval menunjukkan keberagaman SD Negeri 3 Tubanan (Estitu ), yang merupakan bagian dari keberagaman budaya nasional Indonesia.

Di tengah perjalanan, di depan Kelompok Bermain dan TK HA 2 Tubanan seluruh peserta karnaval jalan di tempat, grup Drumband Estitu mempersembahkan lagu yang diiringi musik, semua peserta semangat, penonton dari anak- anak Kelompok Bermain dan TK serta dewan guru tertarik menyaksikan penampilan Estitu. Warga masyarakat pun antusias menyaksikan karnaval budaya Estitu.

Pembagian doorprize kipas angin kepada wali murid, foto Estitu

Pembagian kupon oleh dewan guru selaku panitia karnaval, tiap peserta mendapatkan kupon undian yang harus diisi nama, dan dimasukkan kardus yang disediakan panitia.
Karnaval ditutup dengan pembagian doorprize di halaman SD Negeri 3 Tubanan. Banyak hadiah menarik yang disajikan yaitu: kipas angin, panci bakso, panci sayur, dan hadiah menarik lainnya. Peserta sangat gembira menunggu undian hadiah menarik. Siswa dan wali murid yang beruntung mendapatkan hadiah menarik.

Kegiatan karnaval ini sangat bagus, untuk menambah persatuan antar warga sekolah, dan terima kasih kami selaku wali murid sudah dilibatkan dalam kegiatan,” ucap Melis Saputri wali murid SD Negeri 3 Tubanan.
Deny Tri Kiswoyo, S.Pd.SD selaku ketua panitia mengatakan, “Semoga hubungan kerjasama semua warga sekolah berjalan lebih baik lagi, sehingga SD Negeri 3 Tubanan tambah maju.” “Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan karnaval HUT ke-79 RI hari ini.” imbuhnya.

Hedepa – Rofiatun, S.Pd.SD Guru SDN 3 Tubanan