Barisan siswa X Broadfil dalam kegiatan Skagara Mlaku-mlaku, Jumat 16 Agustus 2024. Foto Agung Guru SMKN 3 Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – SMK 3 Jepara ikut serta memeriahkan hari kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia dengan menyelenggarakan karnaval yang diberi nama SKAGARA MLAKU-MLAKU dengan tema “Mewujudkan Indonesia Emas dengan Semangat Kemerdekaan”. Skagara Mlaku-Mlaku di adakan pada hari Jumat, 16 Agustus 2024.

Siswa XII  AKL 1 sesaat sebelum mlaku-mlaku. Foto: Agung- Guru SMKN 3 Jepara

Karnaval Skagara Mlaku-Mlaku dibuka langsung oleh kepala SMK 3 Jepara yaitu Sunaji S.Pd, M.Eng. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas X, XI dan XII yang totalnya ada 39 kelas dan 1.260 siswa, Bapak Ibu Guru dan TU SMK 3 Jepara yang berjumlah 98 juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Peserta karnaval akan berjalan sesuai rute yang telah ditentukan yaitu dari SMK 3 Jepara menuju Jalan Kartini – Alun alun Jepara – Jalan Diponegoro – Jalan Veteran – Simpang Ruwet Jepara – Jalan HOS cokroaminoto – dan kembali lagi ke SMK 3 Jepara.

Penampilan penari batik XI MP 2 di Skagara Mlaku-mlaku. Foto: Agung- Guru SMKN 3 Jepara

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memeriahkan hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia serta membangkitkan nasionalisme dan kreativitas peserta didik, Guru dan TU SMK 3 Jepara melalui kostum karnaval sesuai tema yang telah disepakati tiap kelas, selain itu Skagara Mlaku-Mlaku juga menumbuhkan semangat sekaligus meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik, Guru dan TU SMKN 3 Jepara.

Barisan drumband dalam kegiatan Skagara Mlaku-mlaku

Karnaval Skagara Mlaku-Mlaku tidak hanya menampilkan peserta nya yang membawakan kostum sesuai tema nya saja, tetapi juga membawakan kostum gaun hasil dari daur ulang plastik. Hal ini juga berkaitan dengan penerapan sekolah Adiwiyata di SMKN 3 Jepara.

Di karnaval ini, dari sekian banyaknya peserta, tentu terdapat beberapa yang menampilkan tema karnaval yang terbaik, contohnya adalah kelas XII AKL1 yang menampilkan tema petani. Penampilan yang unik melalui tema tersebut dengan seluruh pesertanya yang memakai kostum penduduk desa, seperti penjual sayur, hasil tani. Selain itu, ini menambahkan ciri khas dan sensasi yang meriah dalam karnaval Skagara Mlaku-Mlaku.

SMKN 3 Jepara, gelar Skagara Mlaku-Mlaku. Foto: Agung

Sepanjang perjalanan skagara mlaku-mlaku dimeriahkan oleh marching band dengan lagu lagu bertemakan parade kemerdekaan, dan seluruh peserta bersorak gembira dengan berbagai nyanyian atau yel yel yang mereka bawakan. peserta karnaval dengan tema terbaik akan menjadi pemenang, kekompakan dan kekreatifan juga dinilai di karnaval ini.

Barisan siswa tari Srikandi SMKN 3 Jepara dalam Skagara Mlaku-mlaku. Foto: Agung

Semua peserta skagara mlaku-mlaku juga diminta perform di hadapan para juri, hal ini semakin membawa sensasi yang menyenangkan bagi seluruh peserta didik, Guru, dan TU di SMKN 3 Jepara, sekaligus membangkitkan semangat nasionalisme.

Hadepe : Agung Riyanto