Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Tengah Karyadi usai pelantikan atau serah terima jabatan (sertijab), di Kantor BPK Jawa Tengah, Kamis 15 Agustus 2024. (Foto: Diaz Abidin)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Tengah resmi dijabat oleh Karyadi menggantikan Hari Wiwoho, dalam pelantikannya di Kantor BPK Jateng, Kamis 15 Agustus 2024.

Kepala BPK Jateng Karyadi mengatakan, akan segera kami pelajari pengelolaan keuangan di pemerintah daerah di Jawa Tengah. Dia akan melanjutkan hal yang baik yang sudah dilakukan kepala perwakilan sebelumnya.

“Ke depan saya pelajari sesingkat mungkin, secepatnya, mitigasi risiko, mengetahui bagaimana karakteristik pemerintah daerah. Setiap pemerintah daerah berbeda perlakuan pendekatannya dalam rangka capaian akuntabilitas kualitas laporan keuangan. Supaya  pelaksanaan anggaran berbasis kesejahteraan masyarakat,” kata dia seusai pelantikan.

Hal yang pertama harus dilakukan, kata dia, yakni menambah sinergi kolaborasi komunikasi antar instansi pemerintahan di Jawa Tengah.

“Itu penting. BPK bukan hanya sebatas memberi opini (Wajar Tanpa Pengecualian) saja tapi benar-benar suara masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat harus dikawal. Bukan hanya pengelolaan keuangan yang bagus, tapi kesejahteraan rakyat yang sebenarnya,” kata dia.

Karyadi juga mengajak media massa menjadi partner pengawasan, dan menyuarakan keberhasilan-keberhasilan kinerja.

“Jadi kalau di sana sini masih banyak yang kurang, tentu iya. Beri masukan pada kami. Kami akan turun di lapangan yang kekurangan tadi, artinya setiap rupiah akan kami teliti dan lakukan pemeriksaan demi kesejahteraan untuk masyarakat Jawa Tengah saya kira ini penting sekali,” ucap sosok yang sebelumnya menjabat Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur itu.

Untuk diketahui, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah resmi dijabat oleh Karyadi yang menggantikan Hari Wiwoho yang kini menjabat sebagai Inspektur Penegakan Integritas Inspektorat Utama BPK.

Acara Sertijab disaksikan langsung oleh Anggota V selaku Pimpinan Pemeriksa Keuangan Negara V BPK RI Ahmadi Noor Supit, dan Auditor Utama Keuangan Negara V Slamet Kurniawan.

Agenda ini dihadiri oleh Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, Sekda provinsi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jateng. Selain itu juga dihadiri oleh para kepala daerah, pimpinan DPRD, pimpinan instansi vertikal dan insan media di Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit mengatakan kegiatan promosi, rotasi, dan mutasi merupakan upaya yang harus terus dilakukan.

Hal ini dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme.

Diaz Abidin