Pengurus Askot PSSI Tegal audensi dengan Sekda Kota Tegal. Foto: Istimewa.

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono mendukung kompetisi sepak bola di Kota Bahari, khususnya Piala Wali Kota Tegal 2024.

Hal itu diketahui saat jajaran Askot PSSI Tegal bersama panitia pelaksana (panpel) dan para camat se-Kota Tegal, melakukan rapat koordinasi di Ruang Rapat Sekda, Selasa (13/8) sore.

Dikatakan Agus Dwi Sulistyantono, Piala Wali Kota Tegal yang bergulir sejak 2019 itu tidak hanya memanjakan para pecinta sepak bola saja, tapi juga menggairahkan iklim kompetisi untuk menjaring bibit-bibit pemain sepak bola.

Dengan adanya kompetisi, maka semakin baik bagi sepak bola di Kota Tegal, sehingga berdampak positif terhadap pemain, tim kelurahan atau klub maupun suporter.

“Muaranya tentu kita harapkan bersama sepak bola di sini semakin menarik. Apalagi tahun 2026 nanti kita juga akan menghadapi pekan olahraga provinsi (Porprov) Jateng di Semarang. Semoga melalui kompetisi ini akan muncul pemain-pemain sepak bola berbakat yang bisa mewakili Kota Tegal, baik di tingkat provinsi maupun nasional,” jelasnya.

Ketua Askot PSSI Tegal, Desty Maniaro Loui mengatakan, pihaknya bersama pemerintah dan instansi terkait berkewajiban memberikan dukungan dan pandangan-pandangan positif serta moderat guna kemajuan sepak bola di Kota Tegal.

Menurut dia, tugas-tugas seperti itu hanya dapat dicapai dengan maksimal apabila terorganisir dengan baik. Untuk itu, diperlukan sebuah kompetisi sepak bola yang sportif, ramah dan damai.

“Adanya kompetisi atau turnamen semacam itu sekaligus menunjukkan kepedulian dan keseriusan berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan masyarakat yang sehat sekaligus menyukseskan apa yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni ‘Memasyarakatkan Olahraga dan mengolahragakan masyarakatnya’ guna mewujudkan manusia yang sehat jasmani maupun rohani,” tegasnya.

Anggota Komite Eksekutif Askot PSSI Tegal, Nur Said Muji Makmur menambahkan, Piala Wali Kota Tegal 2024 menjadi program try in Askot. Setelah itu, pihaknya juga akan melakukan kegiatan try out dari hasil talent scouting dan coaching clinic.

Sementara itu, Perwakilan Panpel Piala Wali Kota Tegal 2024, Denis Satria mengemukakan, kompetisi akan diikuti oleh seluruh tim sepak bola kelurahan se-Kota Tegal, dengan pertandingan sistem gugur yang dimulai pada 23 Agustus 2024 hingga 23 September 2024.

Selama pertandingan berlangsung, nantinya akan ada tim talent scounting yang memantau bakat-bakat pemain muda yang akan dipersiapkan khusus untuk Porprov Jateng 2026.

“Selain memperebutkan piala wali kota, kami juga melakukan talent scouting yang kemudian dilanjut dengan coaching clinic untuk mendukung tim sepak bola Kota Tegal dalam menghadapi Porprov Jateng 2026,” ucap Denis yang juga Direktur Kompetisi Askot PSSI Tegal.

Sutrisno