KUDUS (SUARABARU.ID) -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara Ke-XVII menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah melalui kreativitas di SD Negeri 1 Menawan Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 30 dan 31 Juli 2024. “Tujuan kami menyelenggarakan sosialisasi ini untuk menanamkan kesadaran cinta lingkungan dan meningkatkan krativitas siswa dalam memanfaatkan barang bekas sejak usia dini Kepada para siswa kelas 4 dan kelas 5 SDN 1 Menawan Kudus,” ujar Riski Firmansyah koordinator mahasiswa desa (kormades) Menawan Kudus.

Selain menyampaikan pengertian tentang sampah melalui sosialisasi, mahasiswa KKN Unisnu juga mengajak siswa untuk langsung praktik pemanfaatan barang bekas menjadi berbagai barang guna dan permainan tradisional. “Mereka sangat antusias. Beberapa siswa mampu membuat permainan tradisional dari barang bekas yaitu dengan membuat telepon dan tempat pensil dari botol bekas,” jelas Riski kepada SUARABARU.ID. “Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, para siswa mampu menerapkan pada kehidupan sehari-hari tentang pentingnya menjaga lingkungan,” tambahnya.

Kepala SD N 1 Menawan Sunaryo menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unisnu Jepara. “Terima Kasih kepada kakak-kakak mahasiswa KKN Unisnu Jepara yang telah mengadakan kegiatan sosialisasi edukasi sampah kepada siswa-siswi kami dengan waktu yang sebentar ini. Kegiatan ini sangat bermakna,” ucapnya.

Sementara itu, Bilal Aditya Firmansyah salah satu siswa kelas 4 SD N 1 Menawan Kudus menyampaikan rasa senangnya atas kegiatan kreativitas ini. “Saya sangat senang karena saya bisa membuat prakarya dari sampah dan  membuat kerajinan tempat pensil karya saya sendiri, kak,” ujarnya kepada tim mahasiswa KKN Unisnu.

Riski mewakili tim mahasiswa KKN Unisnu merespon hasil kegiatan kreativitas sebagai bentuk pengabdian melalui tindakan pelatihan mengelola limbah melalui kreativitas sebagai bentuk komitmen mereka. “Kami berkomitmen mendukung dan mengembangkan edukasi lingkungan untuk terciptanya masyarakat yang peka terhadap lingkungan sekitar,” pungkasnya.

ua – Indah Noviani Wahyuningtyas/KKN Unisnu Desa Menawan Kudus